Waspadai Suara Tidak Lazim dari Kaki-kaki Mobil Anda, Mengatasi Masalah Kletek-kletek

Kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek, perhatikan 4 hal ini.
Kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek, perhatikan 4 hal ini.

Jakarta – Jika Anda mendengar suara kletek-kletek dari bagian kaki-kaki mobil, hal itu bisa menjadi pertanda bahwa mesin mobil mengalami kerusakan. Permasalahan ini tidak boleh diabaikan.

Bagi pemilik mobil, kondisi ini tentunya dapat menimbulkan kekhawatiran saat sedang berkendara.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui komponen mana yang berpotensi menyebabkan suara kletek-kletek tersebut. Berikut adalah penjelasannya, seperti yang dilaporkan oleh situs resmi Daihatsu pada Sabtu (10/2/2024):

  1. Stabilizer Bar

Stabilizer bar bertanggung jawab untuk menjaga ketinggian antara roda kanan dan kiri serta meredam gaya suspensi pada sistemnya.

Biasanya, stabilizer bar terletak di bagian depan kanan dan kiri mobil. Jika rusak, akan menghasilkan suara yang mengganggu, terutama saat mobil sedang berbelok.

Ini disebabkan oleh sistem kerja stabilizer bar yang menyebabkan suara kletek-kletek saat mobil bermanuver. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan secara rutin.

Baca Juga  Pilihan Mobil Bekas Terbaik di Bawah Rp40 Juta, MPV, SUV, hingga Sedan
  1. Ball Joint

Di dalam stabilizer bar terdapat bagian yang disebut ball joint. Kerusakan pada bagian ini dapat menyebabkan suara kletek-kletek saat mobil bergerak.

Bahkan, suara yang dihasilkan mungkin terdengar tidak biasa. Fungsi ball joint adalah sebagai engsel untuk perputaran roda saat berbelok.

  1. Tie Rod End

Tie Rod End adalah bagian ujung dari sistem kemudi yang menghubungkan lengan power steering dengan bagian steering knuckle pada roda mobil.

Komponen ini juga memiliki ball joint seperti pada stabilizer bar. Jika ball joint pada Tie Rod End sudah mulai aus, akan menimbulkan suara kletek-kletek.

Kerusakan pada Tie Rod End tidak hanya menyebabkan suara kletek-kletek, tetapi juga dapat menyebabkan perubahan arah mobil yang berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan dan servis secara teratur. Pastikan untuk melakukan servis di bengkel resmi yang menggunakan suku cadang asli.

Baca Juga  Pemerintah Berencana Perpanjang Insentif Mobil Listrik, Stimulus untuk Perubahan Menuju Kendaraan Ramah Lingkungan
  1. Shock Absorber

Bagi yang tidak terlalu paham tentang kaki-kaki mobil, shock absorber berfungsi untuk meredam guncangan pada mobil.

Shock absorber berbentuk tabung yang terletak di dalam pegas spiral bagian roda depan. Salah satu kerusakan umum adalah kebocoran tabung.

Untuk menghindari suara kletek-kletek, penting untuk memeriksa komponen ini secara berkala. Gerakan suspensi yang berlebihan dapat menyebabkan suara aneh saat mobil dipercepat.

Terutama ketika melewati jalan berbatu, mobil berisiko menghasilkan suara kletek-kletek.

Untuk menghindari masalah kaki-kaki mobil yang menghasilkan suara kletek-kletek, disarankan untuk melakukan servis secara teratur.

Khususnya pada komponen-komponen yang rentan terhadap kerusakan seperti yang telah dijelaskan di atas. Hal ini bertujuan untuk menjaga kinerja mobil tetap baik dan mencegah terjadinya suara kletek-kletek saat mobil digunakan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *