Fasilitas Maksimal, KAI Hadirkan Selimut Gratis untuk Penumpang Kereta Eksekutif

Ilustrasi apakah selimut di kereta api.
Ilustrasi apakah selimut di kereta api

Fajarharapan.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menyediakan fasilitas selimut gratis untuk penumpang kereta api (KA) kelas eksekutif. Informasi ini diperoleh dari sejumlah twit konsumen KAI yang memperlihatkan fasilitas selimut gratis tersebut.

Namun, perlu ditegaskan bahwa selimut yang disediakan di kereta eksekutif seharusnya tidak boleh dibawa pulang. Penumpang diwajibkan mengembalikan selimut saat turun di stasiun tujuan.

Kereta api eksekutif memiliki kapasitas penumpang sekitar 50 orang, dengan fasilitas yang lebih maksimal. Tempat duduk kelas eksekutif disusun dalam format 2-2, dengan kursi yang empuk dan dapat diatur sesuai keinginan. Ruang kaki yang luas dan pijakan kaki membuat perjalanan lebih nyaman.

Kelas ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti colokan listrik, selimut, televisi, meja makan, toilet, AC, dan beberapa kereta bahkan menyediakan wifi. Keuntungan lainnya adalah waktu tempuh yang lebih cepat karena tidak berhenti di banyak stasiun.

Baca Juga  KAI Targetkan Perbaikan dan Pembaruan Lebih dari 200 Gerbong Kereta Ekonomi hingga 2026

Selain kereta eksekutif, terdapat juga kereta api luxury generasi kedua dengan kapasitas sekitar 26 tempat duduk, yang diperkenalkan pada tahun 2019. Fasilitas yang disediakan mencakup lampu baca, stop kontak, dan kursi yang dapat disandarkan hingga 140 derajat. Penumpang kelas ini juga mendapatkan fasilitas makan berat gratis, camilan, dan minuman.

Para penumpang juga dapat menikmati fasilitas ruang tunggu luxury yang tersedia di beberapa stasiun. Saat ini, kelas kereta ini mengalami beberapa perubahan, seperti penambahan AC dan stop kontak. Selain itu, kelas ini dilengkapi dengan rak bagasi dan toilet yang bersih.

Kelas ekonomi memiliki beberapa tipe, termasuk ekonomi dengan kapasitas 106 kursi, ekonomi dengan kapasitas 80 kursi, dan ekonomi dengan kapasitas 64 kursi yang khusus diprioritaskan untuk difabel, lansia, dan pelanggan berkebutuhan khusus. Salah satu rangkaian ekonomi yang terbaru adalah ekonomi new image, dan ekonomi premium.

Baca Juga  KAI Ajukan PMN Rp2 Triliun untuk Pengadaan KRL dan Peremajaan

Kelas ekonomi premium merupakan penyempurnaan dari ekonomi new image, dengan kapasitas sekitar 80 penumpang. Tempat duduknya dibagi menjadi dua, ada yang sejalan dengan arah laju kereta dan ada yang berlawanan dengan arah laju kereta.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *