BMW Rilis Video Robot Pembuat Kopi, Teknologi Canggih untuk Produksi Mobil Masa Depan

Usai Tesla pamerkan robot bisa lipat baju, BMW pamerkan robot bikin kopi.
Usai Tesla pamerkan robot bisa lipat baju, BMW pamerkan robot bikin kopi.

Jakarta BMW, perusahaan otomotif asal Jerman, telah merilis video yang menampilkan robot buatan mereka yang sedang membuat kopi. Robot ini, yang diberi nama Figure 01, diklaim dapat digunakan untuk membuat mobil.

Video yang dirilis oleh BMW ini tampaknya sebagai respons terhadap perkenalan robot buatan Tesla, yaitu Optimus, yang memiliki kemampuan untuk melipat baju.

BMW telah berkomitmen untuk menggunakan Figure 01 di pabrik mereka yang terletak di Spartanburg, South Carolina, Amerika Serikat.

Menurut laporan Reuters pada Sabtu (20/1/2024), Robot Figure 01 merupakan hasil kolaborasi antara BMW dan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Figure. Figure menarik perhatian BMW sejak didirikan pada tahun 2022, dan sekarang BMW telah meresmikan kerjasama dengan memberikan kontrak untuk robot buatan Figure yang akan bekerja di pabrik BMW.

Baca Juga  Honda Prospect Motor Sosialisasikan Kendaraan Listrik dengan Jakarta Good Guide, Mengupas Kolaborasi Ramah Lingkungan

“Kami telah mempersiapkan robot ini untuk dapat bekerja secara aman bersama manusia, terutama dalam lingkungan fasilitas otomatisasi,” kata Chief Executive Officer (CEO) Figure, Brett Adcock.

Kesiapan robot Figure 01 untuk bekerja di pabrik otomotif sejalan dengan tren saat ini, di mana banyak pekerjaan di pabrik mobil sudah ditangani oleh lengan robot.

Tidak menutup kemungkinan bahwa robot seperti Figure 01 buatan BMW dan Optimus buatan Tesla akan benar-benar terlibat dalam proses produksi di pabrik mobil.

Baca Juga  Isuzu Panther, Sejarah Panjang dan Varian Terkini Mobil Legendaris Indonesia

CEO Tesla, Elon Musk, bahkan telah memprediksi bahwa akan ada 1 miliar robot humanoid di bumi pada tahun 2040-an. Kehadiran mereka dianggap sangat berguna karena kemampuan mereka dapat terus ditingkatkan melalui pembaruan perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *