BYD Dolphin, Atto3, dan Seal, Gebrakan Baru Mobil Listrik China di Indonesia

Spesifikasi BYD Dolphin.
Spesifikasi BYD Dolphin.

Jakarta Build Your Dreams (BYD), perusahaan otomotif asal China, resmi memasuki pasar Indonesia dengan merilis tiga model sekaligus pada Kamis (18/1/2024), yaitu BYD Dolphin, BYD Atto3, dan BYD Seal. Kedatangan ketiga model mobil listrik BYD ini turut meramaikan industri kendaraan listrik di Indonesia.

Bagaimana performa dan spesifikasi BYD Dolphin?

BYD Dolphin hadir dalam dua varian, yakni Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range. BYD Dolphin tipe standar memiliki jangkauan tempuh hingga 410 km, sementara tipe premium mencapai 490 km.

Kapasitas baterai Blade pada varian standar sebesar 44,9 kWh, sedangkan varian premium memiliki kapasitas 60,48 kWh.

BYD Dolphin dilengkapi dengan motor tipe permanent magnet synchronous. Pada varian standar, tenaga maksimalnya mencapai 70 kW dengan torsi maksimal 180 Nm. Sementara varian premium memiliki tenaga 150 kW dengan torsi maksimal 310 Nm.

Akselerasi 0-100 km/jam pada varian premium dapat dicapai dalam waktu 7 detik, sedangkan varian standar memerlukan waktu 12,3 detik.

Baca Juga  Membedah Perbedaan Wuling Confero dan Cortez, Pilihan Mobil MPV yang Tepat

Dari segi dimensi, BYD Dolphin memiliki panjang 4.290 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.570 mm, dan wheelbase 2.700 mm. Tinggi mobil listrik ini mencapai 130 mm.

Dengan tampilan luar yang mengusung garis bodi yang elegan dengan lipatan tajam, BYD Dolphin mengusung konsep desain ‘ocean aesthetics’.

BYD menampilkan desain lampu depan dan belakang yang terinspirasi dari gerakan lumba-lumba keluar dari lautan. Lampu depan LED melintasi kisi-kisi tengah. Sedangkan desain lampu belakang yang dinamis diharapkan dapat meningkatkan kejelasan penglihatan pada malam hari.

Secara interior, BYD Dolphin menampilkan desain konsol tengah futuristik. Konsol tengah dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 12,8 inci yang dapat diputar baik secara vertikal maupun horizontal.

Tak hanya itu, BYD Dolphin juga menawarkan kaca panoramik berukuran besar, memberikan visibilitas yang luas dan memungkinkan masuknya cahaya ke dalam kabin.

Untuk sistem baterainya, BYD Dolphin menggunakan BYD e-Platform 3.0 terbaru yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik. Penerapan e-Platform 3.0 memberikan keuntungan pada aspek kecerdasan, efisiensi, keselamatan, dan estetika.

Baca Juga  Tanpa Sigra, Daihatsu Pamerkan All New Xenia dan Rocky di IIMS Surabaya

BYD Dolphin juga mendapatkan predikat keselamatan yang sangat baik dengan meraih peringkat bintang 5 dari Program Penilaian Mobil Baru Eropa (Euro NCAP). e-Platform 3.0 bertujuan untuk meningkatkan performa kendaraan listrik murni dalam hal keselamatan dan jangkauan berkendara pada suhu rendah, serta meningkatkan pengalaman berkendara yang cerdas, efisien, dan aman.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *