Milestone Lamborghini, Pertama Kalinya Penjualan Tembus 10.000 Unit dalam Sejarah

Penjualan Lamborghini pecahkan rekor pada 2023, tapi kurang laku di Italia.
Penjualan Lamborghini pecahkan rekor pada 2023, tapi kurang laku di Italia.

Jakarta – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Lamborghini mencatat pencapaian rekor dengan berhasil menjual sebanyak 10.112 unit mobil pada tahun 2023.

CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann, yang dikutip oleh Reuters pada Kamis (18/1/2024), menyatakan bahwa sejak berdiri pada tahun 1963, ini merupakan kali pertama Lamborghini mampu mencapai angka penjualan di atas 10.000 unit. Keberhasilan ini didorong oleh meningkatnya permintaan untuk mobil SUV sport, Lamborghini Urus.

“Saya sangat bangga karena kami berhasil mencetak sejarah baru,” tulis Stephan Winkelmann di akun Linkedin miliknya.

Baca Juga  Kehebohan Harga Suzuki Jimny 5 Pintu di Indonesia International Motor Show 2024"

Pada tahun 2022, Lamborghini berhasil menjual 9.200 mobil. Angka penjualan ini meningkat pada tahun 2023.

Dari total 10.112 mobil yang terjual, Lamborghini Urus menjadi model yang paling diminati oleh konsumen dengan total pemesanan sebanyak 6.087 unit. Sementara itu, Lamborghini Huracan menyumbang penjualan sebanyak 3.920 unit.

Stephan Winkelmann mencatat bahwa peningkatan penjualan tertinggi terjadi di wilayah Amerika, di mana total 3.465 mobil Lamborghini berhasil terjual. Sementara itu, kawasan Asia Pasifik merupakan pasar kedua dengan penjualan tertinggi, mengalami peningkatan sebesar 4 persen menjadi 2.660 unit.

Baca Juga  BYD Meluncurkan Mobil Listrik Super Canggih BYD YangWwang U9 Supercar di Shenzhen

Namun, menurut catatan TFL Car, Lamborghini tampaknya kurang diminati di negara asalnya, Italia. Mobil-mobil yang diproduksi di Bologna tersebut hanya berhasil terjual sebanyak 409 unit.

“Masyarakat Italia dikenakan pajak yang sangat tinggi untuk mobil bertenaga besar. Itu menjadi penyebab penjualan Lamborghini di Italia tidak begitu baik,” demikian tulis TFL Car.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *