Panduan Pintar Membeli Mobil Bekas, 4 Tips Penting yang Harus Diperhatikan

Tertarik beli mobil bekas? perhatikan 4 hal ini.
Tertarik beli mobil bekas? perhatikan 4 hal ini.

Jakarta – Masih banyak orang yang memiliki pemahaman keliru tentang mobil bekas. Sebagian beranggapan bahwa mobil bekas tidak memiliki kelas yang tinggi.

Karena pandangan tersebut, banyak orang yang terpaksa memutuskan untuk membeli mobil baru dengan skema cicilan yang memberatkan. Namun, keputusan tersebut tidak selalu membuat hidup menjadi lebih mewah; malah bisa membuat hidup menjadi lebih sulit.

Bagi yang tertarik untuk memiliki mobil bekas, ada empat hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips berdasarkan informasi resmi dari Carsome beberapa waktu lalu:

Kondisi Mesin

Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi mesin. Calon pembeli dapat memeriksa riwayat layanan pemilik sebelumnya. Sebelum melakukan pembelian, lakukan uji coba jalan dan pastikan mobil beroperasi dengan baik. Lakukan pemeriksaan saat akselerasi, perpindahan gigi manual, maupun otomatis.

Periksa cairan seperti oli mesin, minyak rem, dan radiator untuk memastikan tidak ada kebocoran dan masih berada dalam kondisi yang baik.

Baca Juga  Rekomendasi Mobil Bekas Harga Terjangkau di Bawah Rp30 Juta, Pilihan Ekonomis untuk Anda

Periksa Suspensi

Aspek lain yang perlu diperiksa adalah sistem suspensi. Ini mencakup kondisi ban, velg, shockbreaker, dan komponen lainnya. Bagian ini juga dapat diuji selama uji coba jalan melewati polisi tidur atau jalan yang agak rusak.

Jika bantingannya terasa terlalu kencang atau terlalu lembut, mungkin ada komponen yang bermasalah. Hal ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut di bengkel khusus suspensi untuk memastikan komponen yang harus diganti atau masih dapat digunakan.

AC

Sistem AC juga menjadi bagian penting yang harus diperiksa. Saat uji coba jalan, hidupkan AC pada tingkat terendah dan rasakan suhu udara. Jika dalam waktu 5 menit tidak terasa dingin dan perlu ditingkatkan kekuatan anginnya, kemungkinan ada komponen yang perlu diganti.

Biasanya, komponen seperti filter AC harus dibersihkan jika kotor. Namun, dalam kondisi yang lebih parah, komponen tersebut mungkin perlu diganti. Kerusakan yang lebih serius pada komponen AC melibatkan kompresor yang rusak dan harus diganti, atau freon yang sering perlu diisi.

Baca Juga  BYD Meluncurkan Mobil Listrik Super Canggih BYD YangWwang U9 Supercar di Shenzhen

Pilih Pedagang Mobil Bekas dan Platform E-Commerce yang Terpercaya

Seperti dalam mencari pasangan hidup, membeli mobil bekas juga memerlukan pengecekan latar belakang penjualnya. Pastikan mobil bekas yang Anda beli berasal dari pedagang mobil bekas yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang baik. Hal yang sama berlaku jika Anda mencari mobil bekas melalui platform e-Commerce.

Selamat mencari mobil bekas yang diinginkan dan bersiaplah untuk naik kelas.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *