Mengungkap Misteri Matinya Motor, 8 Penyebab yang Harus Diketahui Pengendara

Ilustrasi penyebab kenapa motor mati.
Ilustrasi penyebab kenapa motor mati

Fajarharapan.id – Ada 8 penyebab mengapa motor bisa tiba-tiba mati meskipun bensin masih tersedia, hal ini patut untuk dibahas. Terutama bagi Anda yang menggunakan sepeda motor sehari-hari, mungkin mengalami kendala saat sedang berkendara.

Berikut adalah 8 penyebab mengapa motor tiba-tiba mati meskipun bensin masih tersedia:

Busi Rusak
Busi adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menciptakan percikan api yang diperlukan untuk menyalakan campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar, memberikan tenaga pada mesin.

Jika sepeda motor tiba-tiba mati selama perjalanan, kemungkinan besar masalahnya terletak pada busi. Jika mesin sama sekali tidak mau hidup, mungkin busi sudah aus dan perlu diganti.

Pompa Bahan Bakar Rusak
Pompa bahan bakar pada kendaraan berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki ke mesin.

Pada sepeda motor modern dengan sistem injeksi bahan bakar, penggunaan oli yang kurang baik atau injektor yang tidak terawat dapat menyebabkan panas berlebih pada pompa bahan bakar, menyebabkan keausan yang signifikan.

Baca Juga  Jelang Perjalanan Jauh, Pastikan Transmisi Matic Optimal

Bahan Bakar Berkualitas Buruk
Menggunakan oli berkualitas rendah atau mengisi bahan bakar dari stasiun yang tidak terpercaya dapat mengakibatkan kontaminasi bahan bakar. Hal ini dapat mempengaruhi efisiensi pembakaran di ruang bakar.

Saringan Udara Tersumbat
Filter udara berfungsi menyaring partikel debu dan kotoran dari udara sebelum masuk ke dalam mesin. Jika filter udara tersumbat dan tidak dibersihkan atau diganti secara teratur, aliran udara ke ruang bakar akan terhambat, mempengaruhi kinerja mesin.

Gas Terkontaminasi
Kontaminasi gas dapat terjadi jika ada zat selain bensin yang masuk ke dalam tangki. Air atau bahan bakar diesel adalah penyebab umum kontaminasi melalui filter bahan bakar yang tersumbat.

Baca Juga  Samsung Galaxy S24 Series Meluncur 18 Januari 2024, Harga Terbocor

Mesin Rusak
Setiap komponen mesin memiliki peran penting, dan jika salah satu dari mereka mengalami kerusakan, sepeda motor bisa mati mendadak selama perjalanan.

Mesin Overheat
Mesin yang terlalu panas atau overheat dapat menyebabkan motor matik mati mendadak. Hal ini terutama terjadi pada motor matik berpendingin udara jika air radiator habis atau terjadi penyumbatan aliran oli ke mesin.

Filter Udara Kotor
Filter udara yang kotor dapat menyebabkan motor mati mendadak karena menghambat aliran udara yang diperlukan untuk sistem pembakaran.

Dengan memahami penyebab-penyebab ini, Anda dapat melakukan perawatan preventif pada sepeda motor Anda dan menghindari kemungkinan motor mati mendadak.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *