Waspadai Ban Kempes! Penyebab Umum dan Cara Mengatasi Ban Tubeless pada Kendaraan Anda

Ternyata ini penyebab ban tubeless sering kempes.
Ternyata ini penyebab ban tubeless sering kempes.

Jakarta Ban tubeless dikenal sebagai jenis ban yang mampu menahan tekanan dari benda tajam. Ban ini dianggap lebih unggul daripada ban konvensional yang umumnya digunakan pada sepeda motor dan mobil.

Meskipun umumnya dianggap sebagai ban yang tahan bocor, terkadang masih muncul beberapa masalah, seperti ban kempes atau bahkan bocor. Hal ini dapat menyebabkan frustrasi bagi pemilik kendaraan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa penyebab umum kempesnya ban tubeless.

Apa penyebab umum ban tubeless sering mengalami kempes? Berdasarkan informasi dari berbagai sumber pada Kamis (11/1/2024), berikut adalah beberapa penyebab ban tubeless sering kempes:

Ban Tertusuk
Ban tubeless yang tertusuk oleh benda tajam dapat mengalami kempes atau bocor ringan. Penting untuk segera mengidentifikasi dan mengatasi benda tajam yang menancap pada ban. Jangan biarkan benda tersebut tetap menancap untuk mencegah kempes yang berulang.

Baca Juga  Akses Jalan Sumbar-Bengkulu Diresmikan dengan Batasan Kendaraan

Kondisi Velg dan Valve Rusak
Velg yang mengalami peyang dan karat dapat menjadi penyebab kempesnya ban. Hindari menabrak lubang dengan kecepatan tinggi untuk mencegah kerusakan pada velg. Secara berkala, periksa kondisi velg dan lakukan perawatan yang diperlukan. Valve ban yang rusak atau terpasang tidak benar juga dapat menyebabkan kebocoran udara. Pastikan untuk secara rutin memeriksa kondisi velg dan valve serta menggantinya jika diperlukan. Perhatikan pemasangan pentil ban agar tidak menyebabkan kebocoran.

Cek Tekanan Ban
Ban tubeless cenderung mengalami kempes saat tekanan udara di dalamnya berkurang. Perubahan suhu dapat menyebabkan penyusutan atau ekspansi udara dalam ban. Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama juga dapat menjadi penyebab penurunan tekanan udara. Penting untuk secara teratur memeriksa dan mengisi tekanan udara sesuai dengan rekomendasi normal.

Karet Ban yang Keras
Karet ban yang mengeras dan rapuh setelah penggunaan dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi penyebab kempesnya ban. Disarankan untuk tidak menggunakan ban yang sudah berusia lebih dari 6 tahun, terutama jika terdapat retak pada sisi-sisinya. Penggunaan ban dalam kondisi rapuh dapat mengancam keselamatan berkendara.

Baca Juga  Keretakan Jalan di Batusangkar, Satu Jalur Kendaraan di Kelok Lubuak Hantu

Dengan memahami penyebab-penyebab tersebut dan melakukan pemeriksaan serta perawatan secara berkala, Anda dapat menghindari masalah kempes pada ban tubeless. Keselamatan berkendara sangat bergantung pada kondisi optimal dari semua komponen kendaraan, termasuk ban.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *