Xiaomi Memperkenalkan Mobil Listrik Pertama, Xiaomi SU7, Kecepatan dan Performa Tinggi

Xiaomi SU7.
Xiaomi SU7.

Jakarta Xiaomi secara resmi mengenalkan mobil listrik pertamanya, yakni Xiaomi SU7, pada Kamis (28/12/2023). SU7 adalah sedan bertenaga empat roda (AWD) dengan output 495 kW dan baterai 101 kWh, mampu menempuh jarak hingga 800 km.

Xiaomi, yang dikenal berhasil menjual smartphone, kini merambah ke industri otomotif.

“Xiaomi ingin menjadi salah satu dari lima perusahaan otomotif teratas di dunia dalam 15-20 tahun ke depan,” kata CEO Xiaomi, Lei Jun, saat memperkenalkan model SU7, seperti dilansir Selasa (9/1/2024).

Meskipun Xiaomi belum mengumumkan harga SU7, diperkirakan mobil ini akan bersaing di level yang sama dengan Porsche Taycan dan Tesla Model S yang di China memiliki harga sekitar Rp700 jutaan, berada di kelas premium.

Desain Varian Xiaomi SU7

Dalam hal desain, sedan ini terinspirasi oleh gaya desain sedan Eropa dan bersaing dengan Tesla sebagai pesaing utama di pasar. Xiaomi menugaskan Kepala Desain Xiaomi, Li Tianyuan, yang memiliki pengalaman di BMW, untuk merancang desainnya. Ia sebelumnya terlibat dalam pembuatan model seperti BMW i Vision Circular Concept, iX, dan sedan seri 7 generasi terbaru.

Baca Juga  Menggali Pajak Jeep Wrangler, Berapa Biaya yang Harus Anda Siapkan untuk Memiliki Kendaraan Ini

James Qiu, yang sebelumnya bekerja di Mercedes-Benz dan terlibat dalam konsep Vision EQXX, juga berkontribusi pada detail eksterior mobil.

Xiaomi SU7 hadir dalam tiga warna, yaitu Gulf Blue, Olive Green, dan Elegant Grey. Tim desain memilih warna-warna ini setelah penelitian intensif dalam pengembangan teknologi cat mobil. Lebih banyak pilihan warna, termasuk klasik hitam-putih, akan diumumkan pada peluncuran resmi.

Filosofi Nama SU7

Nama “SU7” dipilih dengan alasan yang jelas. “SU” singkatan dari Speed Ultra, dan “7” menunjukkan posisi serinya setara dengan BMW Seri 5. Xiaomi menekankan performa tinggi sebagai inti dari DNA-nya, sejalan dengan pendekatan Tesla yang menolak membuat mobil lambat.

Baca Juga  Hyundai Ioniq 5, Tips Penting Merawat Baterai Mobil Listrik agar Lebih Awet

Penjualan SU7

Rencananya, sedan SU7 akan diluncurkan dan dipasarkan pada semester pertama tahun depan. Penampilan mobil listrik ini sudah sering terlihat melalui foto-foto selama proses uji coba, meskipun masih tertutup dengan selubung kamuflase.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *