Neta V, Mobil Listrik Entry Level dengan Waktu dan Biaya Pengecasan

Mobil Listrik
Mobil Listrik

Jakarta – Dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar Rp 370 jutaan, Neta V menawarkan alternatif mobil listrik yang cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Namun, sebelum memutuskan untuk memiliki Neta V, penting untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterainya dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk proses pengecasan.

Untuk memahami lebih lanjut tentang Neta V, mari kita lihat spesifikasinya terlebih dahulu.

Neta V dilengkapi dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 40,7 kWh yang diklaim mampu memberikan jarak tempuh hingga 401 km. Mobil ini juga didukung oleh motor listrik Permanent Magnet Synchronous dengan daya 70 kW atau setara dengan 95 PS.

Berbeda dengan beberapa mobil listrik lainnya, Neta V dapat diisi ulang menggunakan dua opsi pengecasan, yaitu dengan AC charging atau pengecasan menggunakan daya listrik rumahan, serta DC charging atau pengecasan dengan arus yang lebih tinggi.

Neta mengklaim bahwa dengan menggunakan DC Charging, mobil ini dapat diisi ulang dari 30% hingga 80% baterai dalam waktu hanya 30 menit. Sementara itu, dengan menggunakan AC Charging untuk mengisi baterai dari 0% hingga 100%, dibutuhkan waktu sekitar 8 jam.

Baca Juga  Hyundai Motors Indonesia Rilis Tiga Mobil Listrik Unggulan di IIMS 2024

Tim detikcom tertarik untuk menguji performa pengecasan mobil listrik Neta V ini secara langsung. Kami membawa Neta V ke stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik PLN yang menyediakan fasilitas pengecasan cepat DC.

Saat pengujian dilakukan, kapasitas baterai Neta V yang kami uji berada pada level 29%. Seharusnya, hanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi ulang baterai hingga mencapai level 80%.

Proses pengujian dimulai, kami menggunakan charger DC 60 kW. Hasilnya, pengisian dari 29% hingga 80% dapat selesai dalam waktu 30-35 menit.

Namun, perlu diingat bahwa pengisian dari level 80% ke 100% memakan waktu lebih lama. Daya pengisian yang semula 60 kW turun menjadi hanya sekitar 30 kW. Sebagai hasilnya, mengisi ulang dari 80% hingga 100% membutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 50 menit.

Dari data tagihan pengecasan, kami dapat menyimpulkan bahwa untuk mengisi ulang Neta V dari 29% hingga 100%, diperlukan waktu pengecasan sekitar 80 menit dengan total daya 32,4 kWh yang dikonsumsi.

Baca Juga  Toyota Perkenalkan All New Toyota Rush 2024, Tampil Lebih Elegan dan Futuristik

Selain mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai secara penuh, pengujian ini juga mengungkapkan bahwa biaya pengisian dari 29% hingga 100% sekitar Rp 82.392. Biaya ini mencakup pembelian kWh listrik, biaya PPJ, dan biaya administrasi pembayaran.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa jarak tempuh maksimum Neta V saat baterai penuh hanya mencapai 384 km, sedikit di bawah klaim sebelumnya sebesar 401 km.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *