Kemenhub Siapkan Pengoperasian 5 Dermaga Pelabuhan Ciwandan Jelang Mudik Lebaran 2023

 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno saat meninjau Pelabuhuan Ciwandan, Banten, Sabtu (8/4/2023).


Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat terus mematangkan pengoperasian Pelabuhan Ciwandan, Banten, jelang mudik Lebaran 2023. Pelabuhan tersebut disiapkan untuk memecah kepadatan para pemudik pengguna sepeda motor yang ingin ke Pulau Sumatera. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno menuturkan, pihaknya terus berkoordinasi kepada pihak-pihak terkait dalam rangka melancarkan perjalankan para pemudik, salah satu yang akan dilalui pengendara motor dan angkutan logistik baik menuju ataupun keluar dari Pelabuhan Ciwandan, sebagaimana dikutip iNews.id.

Baca Juga  Dua Tahun Mahyeldi-Audy Diganjar Best Leader of The Year Award

Kemenhub berkoordinasi dengan pihak terkait mulai akses jalan kepelabuhan, penataan area keberangkatan, dermaga, kapal pengangkut, keamanan, dan lainnya.

“Pada lintasan Ciwandan-Bakauheni akan dilayani oleh sebanyak 12 unit kapal RoRo, sedangkan lintasan Ciwandan-Panjang akan dilayani oleh tiga unit kapal milik PT. Pelni dan PT. ALP,” ujar Hendro dalam keterangannya, Sabtu (8/4/2023).

Hendro menambahkan, nantinya akan dialokasikan dialokasikan sebanyak lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan dengan rencana 24 trip per hari. Sementara itu, dermaga yang beroperasi di Pelabuhan Merak sebanyak tujuh dermaga yang akan dilayani dengan total 65 kapal RoRo.

Baca Juga  Rida Ananda Jadi Saksi Nikah Della dan Ikhsan Di Koto Nan Godang

Dia menjelaskan, kendaraan Roda empat dan bus akan menggunakan Pelabuhan Merak untuk arus mudik dan Bakauheni untuk arus balik, terpisah dengan kendaraan Roda dua dan truk agar tidak terlalu padat.

“Kami ingin tegaskan disini bahwa Pelabuhan Ciwandan bukan alternatif, tapi akan beroperasi bersamaan dengan pelabuhan penyeberangan lainnya selama mudik lebaran, khususnya bagi pengguna sepeda motor dan truk logistik. Di sana akan dilayani dengan lintasan Ciwandan-Bakauheni untuk arus mudik dan Ciwandan-Panjang untuk arus mudik-balik,” tuturnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *