Pelabuhan Ciwandan Siap Beroperasi saat Mudik Lebaran 2023

Pelabuhan Ciwandan siap beroperasi saat mudik Lebaran 2023

Jakarta  – Pelabuhan Ciwandan di Kota Cilegon, Provinsi Banten siap beroperasi saat mudik Lebaran 2023. Pelabuhan tersebut akan digunakan pemudik yang ingin menyeberang ke Sumatera. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan terdapat kebijakan-kebijakan penyesuaian dalam penanganan penyeberangan dari Merak ke Bakauheni dan sebaliknya dibanding tahun sebelumnya.

Menurutnya hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam evaluasi penanganan mudik tahun lalu. Penyesuaian ini juga karena adanya prediksi perubahan jumlah pemudik yang diperkirakan tahun ini akan mencapai 123 juta pemudik, sebagaimana dikutip iNews.id.

“Beberapa keputusan sudah kita sepakati, penambahan pelabuhan yang semula hanya Merak-Bakauheni, sekarang ditambah Pelabuhan Ciwandan yang tahun kemarin sifatnya hanya emergency hanya kondisional. Sekarang kita pastikan Pelabuhan Ciwandan akan dijadikan tempat penyeberangan di samping Pelabuhan Merak,” ucap Muhadjir dalam keterangan resminya, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga  Anak Stunting di Kota Pariaman Sudah Punya BAAS

 

Dalam kunjungan tersebut, Muhadjir didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit meninjau kesiapan Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan dalam menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri tahun 2023, kemarin. Muhadjir meninjau sarana penunjang pelabuhan, mulai dari penambahan rest area, tempat parkir, dan pengaturan penggunaan Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan. 

Setelahnya Muhadjir juga melihat kesiapan kapal feri yang nantinya akan digunakan untuk mengangkut para pemudik.

Baca Juga  Dampak Ayam Petelur Afkir, Harga Telur Naik, Daging Ayam Broiler Turun di Pasar Padangpanjang

“Kedua, dari arah Sumatera juga akan ada penambahan yaitu Pelabuhan Panjang. Jadi dengan demikian dari Pelabuhan Ciwandan bisa menuju Pelabuhan Bakauheni atau Pelabuhan Panjang, dan itu sudah diatur dengan baik oleh ASDP, Kepolisian, dan TNI,” imbuh Muhadjir.

Muhadjir berharap mudik lebaran tahun ini akan berjalan lebih baik dibanding tahun lalu.

“Berangkat dari pengalaman pengelolaan mudik tahun lalu dan tahun sebelumnya, maka kita akan berusaha memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat yang akan memanfaatkan jasa penyeberangan dari arah Jawa ke arah Sumatera atau nanti sebaliknya,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *