TNI Temukan Lokasi Pilot Susi Air Disandera, Operasi Penyelamatan Mengerucut

 

 

TNI sudah mengetahui lokasi pilot Susi Air yang disandera KKB Papua, Philips Max Mehrtens. 

Jakarta – TNI menemukan lokasi pilot Susi Air Phillip Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKBPapua. Operasi penyelamatan pun semakin mengerucut.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono menjelaskan upaya penyelamatan masih terkendala cuaca yang tak menentu di lokasi, sebagaimana dikutip iNews.id.

“Yang paling menyulitkan dalam operasi ini adalah cuaca. Kondisi pilot sudah dikerahui areanya. Operasinya sudah semakin mengerucut dan terfokus. Jadi cuaca dan ini sangat tidak menentu di Papua,” kata Julius di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (16/4/2023). 

Baca Juga  TNI - Polri Pasbar Sinergitas Datangi Nagari Muaro Kiawai, Ini Tujuannya

Julius mengatakan pihaknya sempat melakukan komunikasi melalui saluran radio namun masih terhambat.

“Kemarin kami mencoba untuk berkomunikasi melalui saluran radio juga masih terhambat,” ucapnya. 

Diketahui, gerombolan KKB menyerang Yonif Raider 321/Galuh Taruna  (Yonif R 321/GT) yang bertugas melakukan Operasi SAR pilot Susi Air di wilayah Mugi-Mam Kabupaten Nduga pada Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga  Longsor Terjang Kampung Elarek Jayawijaya, 3 Warga Tewas

Akibat peristiwa tersebut satu prajurit gugur. Sedangkan prajurit lain tersebar di beberapa lokasi dan belum dapat dihubungi. 

Usai peristiwa itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan operasi penyelamatan pilot Susi Air akan ditingkatkan.

“Jadi ini adalah bagian dari operasi penyelamatan pilot Susi Air, operasi selanjutnya akan ditingkatkan oleh Panglima TNI,” kata Julius.(*) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *