Momen Spesial Lebaran, Lima Tradisi Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Perayaan Lebaran di Indonesia

Fajarharapan.id – Tradisi menyambut lebaran di setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing. Beberapa di antaranya bahkan sangat unik dan hanya ada di Indonesia, yang terkenal dengan keberagaman budayanya.

  1. Takengon, Aceh

Warga Kabupaten Takengon, Aceh, memiliki tradisi unik dalam menyambut lebaran dengan melakukan pemotongan hewan ternak. Mereka juga menyiapkan berbagai masakan lezat dan kue-kue satu hari sebelum lebaran. Kue-kue yang disajikan termasuk lepat Gayo, kue bolu, dan peyek. Masakan khas yang disiapkan antara lain Cecah Ries, lontong sayur, dan rendang.

  1. Yogyakarta

Salah satu daerah istimewa di Indonesia, Yogyakarta, memiliki tradisi lebaran yang melibatkan berkumpul bersama keluarga. Setelah melaksanakan salat Idul Fitri, tradisi bermaaf-maafan dilakukan diikuti dengan sungkem. Selain itu, terkenal dengan tradisi Grebeg Syawal, di mana keraton membuat tujuh gunungan yang diarak dari alun-alun ke tiga tempat berbeda.

Baca Juga  Satu Korban Luka dalam Bencana Angin Kencang di Bedahan, Sawangan
  1. Pamekasan, Madura

Di Pamekasan, Madura, menjelang lebaran, warga melakukan tradisi Tellasan Topak, yang artinya lebaran dengan ketupat. Tradisi ini melibatkan berbagai makanan yang disajikan bersama ketupat seperti opor ayam, rendang, sate Madura, soto babat, dan serondhe. Ada pula tradisi Ter-Ater dan Nyelaseh, di mana makanan dikirimkan ke keluarga terdekat sehari sebelum Idul Fitri.

  1. Jembrana, Bali

Meskipun mayoritas masyarakatnya Hindu, umat Muslim di Bali memiliki tradisi unik dalam merayakan lebaran. Salah satunya adalah takbiran keliling kota sebelum lebaran. Selain itu, umat Muslim Bali juga memiliki kebiasaan membagikan makanan kepada umat Hindu di kampung, yang disebut Ngejot. Kue tradisional yang sering dibagikan adalah kue bendu, yang terbuat dari tepung ketan, parutan kelapa, dan gula.

Baca Juga  Hitung-Hitungan Pendapatan Pengemudi Taksi dan Ojol Maxim Terungkap: Berbagai Perincian Menarik
  1. Belitung

Tradisi lebaran unik dari Belitung adalah Bedulang, di mana berbagai macam lauk dimasukkan ke dalam dulang dan disantap menggunakan ketupat. Masakan khas Belitung yang disajikan di atas bedulang antara lain ayam masak ketumbar, sate ikan, oseng-oseng sayuran, dan sambal sereh. Kue tradisional seperti kue rintak dan kue putih juga turut disajikan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *