Tantangan Revolusi Industri 4.0, Pemerintah Buka Lowongan CASN Fokus pada Digitalisasi Birokrasi

Lowongan
Seleksi CPNS 2024.

Jakarta – Pemerintah akan membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sebanyak 2,3 juta formasi dengan fokus pada talenta digital. Langkah ini diambil untuk mendukung proses digitalisasi birokrasi yang sedang berlangsung.

“Sekarang, tentu saja, kami ingin mendapatkan talenta-talenta digital. Jadi, dari 2,3 juta formasi ASN yang telah diumumkan oleh Bapak Presiden,” kata Sekretaris Kementerian PANRB, Rini Widyantini.

Dalam rincian, pemerintah membuka lowongan CASN sebanyak 2.302.543 formasi. Kuota tersebut mencakup penerimaan di instansi pusat (420.183 formasi), sekolah kedinasan (6.027 formasi), dan penerimaan di instansi daerah (1.867.333 formasi).

Rini menegaskan bahwa rekrutmen ASN 2024 tidak hanya bertujuan untuk mendukung digitalisasi, tetapi juga untuk memperkuat reformasi birokrasi pemerintah. Melibatkan talenta digital diharapkan dapat mengatasi tantangan ketenagakerjaan yang muncul akibat revolusi industri 4.0.

Baca Juga  PT Forisa Nusapersada Buka Lowongan GA Admin Support: Berkarier di Perusahaan Pangan Terkemuka

Ia juga menyampaikan bahwa instansi-instansi pemerintah akan didominasi oleh generasi muda. Oleh karena itu, beberapa kemampuan (skill) yang harus dimiliki meliputi kemampuan berpikir kreatif, termasuk mengkonsep ide, memiliki kemampuan desain dan visual, serta inovatif.

Kemampuan teknologi menjadi hal kedua, mencakup pemahaman penggunaan perangkat lunak (software), bahasa pemrograman, hingga kemampuan analisis data.

Kemampuan komunikasi, baik berbicara, menulis, mendengarkan, hingga bernegosiasi, menjadi fokus ketiga. Sementara itu, kemampuan manajemen dan kepemimpinan, seperti kemampuan manajerial hingga pengambilan keputusan, dianggap penting sebagai keterampilan keempat.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *