Operasi KPK di Ternate dan Jakarta Selatan, 15 Orang Diamankan Termasuk Gubernur

OTT
Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

Jakarta – Tim Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Senin (18/12/2023). Salah satu pejabat yang tertangkap dalam OTT tersebut adalah Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba. Operasi tersebut dilaksanakan di Ternate, Maluku Utara, dan Jakarta Selatan. Abdul Gani diamankan bersama 14 orang lainnya, termasuk pejabat dan pihak swasta.

Ali Fikri, Kabag Pemberitaan KPK, mengungkapkan, “Sejauh ini, lebih dari 15 orang ditangkap baik di Jakarta Selatan maupun di kota Ternate. Salah satunya adalah Gubernur Maluku Utara beserta beberapa pejabat lainnya dan pihak swasta.” Operasi tersebut juga berhasil mengamankan sejumlah uang yang diduga terkait dengan dugaan suap dalam lelang jabatan serta proyek pengadaan barang dan jasa.

Ali enggan mengungkap secara rinci siapa saja yang diamankan bersama Gubernur Maluku Utara dalam operasi rahasia tersebut. Ia memastikan bahwa para pihak yang ditangkap masih menjalani pemeriksaan intensif hingga pagi ini.

Baca Juga  Pertamina Patra Niaga Mencatat, Konsumsi BBM di Sumbagut Saat Libur Idul Fitri 1445 H Meningkat Hingga 44 Persen

KPK memiliki batas waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT. KPK berkomitmen untuk mengumumkan secara transparan para pihak yang diamankan serta kronologis OTT di Maluku Utara dan Jakarta. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *