Persetujuan Pemerintah dan DPR: Biaya Perjalanan Ibadah Haji Rp56 Juta, Berikut Rinciannya

Ibadah Haji
Suasana penyelenggaraan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

Jakarta – Pemerintah bersama Komisi VIII DPR RI secara resmi menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sebesar Rp93,4 juta, sementara calon peserta haji hanya perlu membayar Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) sejumlah Rp56 juta per individu.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi, menyampaikan hasil kesepakatan ini saat membacakan simpulan rapat di Jakarta pada hari Senin. “Besaran rata-rata biaya perjalanan ibadah haji, atau Bipih, yang dibayarkan langsung oleh jamaah haji, adalah sekitar Rp56 juta atau setara dengan 60 persen,” ungkapnya.

Keputusan ini tercapai setelah Panitia Kerja (Panja) BPIH 1445 Hijriah/2024 Masehi melakukan serangkaian diskusi panjang untuk membahas usulan biaya haji yang diajukan pemerintah. Awalnya, pemerintah mengusulkan BPIH dengan rata-rata sekitar Rp105 juta. Setelah melakukan rasionalisasi komponen BPIH, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI menetapkan angka sekitar Rp94,3 juta.

Baca Juga  KPU Sumbar Terima Masukan Masyarakat terkait Calon Anggota DPR

Namun, melalui rapat selanjutnya, Komisi VIII dan Kemenag RI kembali melakukan penghitungan dan rasionalisasi ulang, sehingga akhirnya ditetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji sebesar Rp93,4 juta untuk tahun 2024.

Setelah penetapan biaya haji untuk tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, para calon peserta haji hanya perlu membayar Bipih sebesar Rp56 juta per orang (60 persen), sedangkan sisanya sebesar Rp37,3 juta (40 persen) akan diambil dari nilai manfaat hasil pengelolaan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Baca Juga  Aturan Baru, Izin Resmi Wajib untuk Masuk Makkah Sebelum Ibadah Haji

Selanjutnya, biaya yang berasal dari nilai manfaat akan digunakan untuk biaya penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi dan komponen biaya penyelenggaraan ibadah haji di dalam negeri.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *