Api Membara di Pasar Ramai Kotawaringin Timur, Pedagang Merugi Ratusan Juta Rupiah

Api
Kebakaran hebat melanda kawasan Pasar Simpang Sebabi, Kecamatan Telawang, Kowaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Kotawaringin Timurkebakaran hebat menggegerkan kawasan Pasar Simpang Sebabi, yang terletak di Kecamatan Telawang, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Puluhan bangunan lapak yang menjadi pusat aktivitas jual beli harian warga terpapar jilatan api mematikan. Kondisi ini baru disadari oleh warga setempat ketika kobaran api telah membesar.

Usaha keras warga dengan peralatan seadanya untuk memadamkan api terbukti sulit dilakukan. Bangunan-bangunan yang mayoritas terbuat dari kayu membuat api dengan cepat membesar dan merambat, melahap satu bangunan ke bangunan lainnya.

Pasar Simpang Sebabi, yang biasanya ramai dengan aktivitas jual beli bahan pokok dan kebutuhan rumah tangga, pada malam hari menjadi sunyi karena pedagang tidak tinggal di kawasan pasar. Kobaran api berhasil dipadamkan setelah tiga jam upaya pemadaman yang melibatkan petugas sektor damkarmat Kotawaringin Timur bersama-sama dengan bantuan warga setempat.

Baca Juga  Gelaran IMHAX 2023: Pameran Motor, Helm, Apparel, dan Aksesoris Terbesar di Indonesia

Bantuan juga datang dari sejumlah perusahaan perkebunan di sekitar lokasi kejadian. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur mencatat bahwa total 60 lapak lebih, dengan luasan keseluruhan mencapai 30 x 90 meter, menjadi korban dari kebakaran ini.

“Hingga saat ini, penyebab kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik masih terus diselidiki,” ujar Hawiaan, Kepala Dinas Damkarmat Kotawaringin Timur. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tragis ini, meskipun hampir seluruh barang milik pedagang di Pasar Simpang Sebabi turut terbakar habis.

Baca Juga  Bank Syariah Indonesia (BSI) Masuk 10 Besar Global dengan Kapitalisasi Pasar yang Mengesankan

Total kerugian yang dialami oleh para pedagang dan pemilik lapak diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Peristiwa ini meninggalkan duka mendalam bagi warga sekitar, dan upaya pemulihan serta solidaritas dari berbagai pihak diharapkan dapat membantu mereka bangkit dari tragedi kebakaran ini.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *