Kepala Bakamla RI Hadiri Upacara Pembukaan Jambore Nasional Potensi Pencarian dan Pertolongan

Jakarta, fajarharapan.id — Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., menghadiri Upacara Pembukaan Jambore Nasional Potensi Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue/SAR) yang diadakan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), di Lapangan Bumi Perkemahan Graha Wisata Cibubur, pada Senin (27/11/2023).

Setelah acara pembukaan, turut digelar simulasi operasi urban SAR pada bencana gempa bumi oleh Potensi SAR, diantaranya dari SAR Astra, SAR Hidayatullah, SAR Majelis Tafsir Alquran (MTA), dan SAR Dog Indonesia (SDI). Kegiatan Jambore ini diadakan selama tiga hari mulai 27-30 November 2023 yang di diisi dengan berbagai adu skill yang dikemas dalam mini challenge dan fitness drill. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari perwakilan 43 Potensi SAR binaan Kantor SAR se-Indonesia.

“Jambore Nasional Potensi SAR ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan tentunya merekatkan jalinan silaturahmi antara Basarnas dengan Potensi SAR, maupun sesama Potensi SAR yang ada di seluruh tanah air,” ungkap Kabasarnas. Lebih lanjut, “Dari jambore ini, Basarnas dapat memonitor maupun mengevaluasi hasil pembinaan Potensi SAR yang dilaksanakan masing-masing UPT di wilayah kerjanya masing-masing,” imbuhnya.

Baca Juga  Kuasa Hukum MWA UNS Sebut Aksi Ratusan Mahasiswa dan Dosen FKOR Tidak Sopan

Potensi SAR merupakan individu diluar personel Basarnas yang mencakup seluruh stakeholder, mulai dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, unsur TNI, Polri, badan usaha, organisasi masyarakat, komunitas, civitas akademisi, media massa, hingga indivindu masyarakat yang memiliki kompetensi di bidang SAR.

Baca Juga  Petugas Gabungan Bongkar Puluhan Warung Remang-remang di Jalan Raya Pati-Kudus

Pada kesempatan ini, Bakamla RI turut mengirimkan satu orang perwakilan yaitu Serda Bakamla Fadzilla Angga Kusuma yang berasal dari Stasiun Bakamla Sambas, Kalimantan Barat. (Bakamla RI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *