KPK Tunggu Surat Keputusan Presiden terkait Pergantian Ketua Sementara

KPK
Wakil Ketua KPK Johanis Tanak saat menghadiri saat konferensi pers pengungkapan dugaan kasus suap proyek pengadaan jalan provinsi Kalimantan Timur, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta

JakartaKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menerima surat keputusan presiden yang menetapkan Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango, sebagai Ketua KPK sementara menggantikan Firli Bahuri yang sementara diberhentikan karena menjadi tersangka dalam kasus dugaan pemerasan.

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak, berharap bahwa surat keputusan pemberhentian sementara Firli sebagai ketua dan penunjukan Nawawi sebagai ketua sementara dapat diterima oleh KPK pada hari Senin (27/11/2023). Johanis menyampaikan bahwa sesuai amanat Undang-Undang nomor 19 tahun 2019 tentang KPK, ketua KPK dapat diberhentikan sementara apabila berstatus tersangka.

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116 tertanggal 24 November 2023, yang menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara. Keppres tersebut disampaikan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, pada Jumat (24/11).

Baca Juga  Pengacara David Harap Vonis AG Jadi Tolok Ukur Hukuman Mario Dandy dan Shane Lukas

Firli Bahuri sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. KPK menantikan kelanjutan proses ini dan harapannya terhadap pemulihan integritas lembaga yang menjadi garda terdepan dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *