Insentif Pajak PPN Rumah Komersial Rp5 Miliar Resmi Berlaku, Kemenkeu Gelontorkan Anggaran Rp3,2 Triliun

Pajak PPN
Pajak PPN

Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan bahwa insentif pajak pertambahan nilai (PPN) untuk pembelian rumah komersial maksimal Rp5 miliar telah resmi berlaku setelah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 120 Tahun 2020 diundangkan. Langkah ini diambil untuk memperkuat sektor perumahan sebagai salah satu penopang pertumbuhan ekonomi di tengah meningkatnya risiko ketidakpastian ekonomi global.

“PMK ini sudah diundangkan dan sudah berlaku,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Febrio Kacaribu, dalam Konferensi Pers Virtual APBN KITA Edisi November 2023 di Jakarta pada Jumat.

Kemenkeu telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp3,2 triliun untuk insentif di sektor properti, dengan jumlah sebesar Rp600 miliar pada tahun 2023 dan sisa Rp2,6 triliun untuk insentif tahun 2024.

Baca Juga  Kecelakaan Maut 2 Kereta di Yunani, Menteri Transportasi Mundur

Febrio menjelaskan bahwa ada tiga program insentif perumahan yang diumumkan pada tahun 2023. Pertama, program untuk rumah komersial yang mendapatkan insentif PPN ditanggung pemerintah (DTP) hingga pembelian maksimal Rp5 miliar. PPN DTP ini hanya berlaku hingga nilai Rp2 miliar selama 14 bulan, dengan PPN DTP sebesar 100 persen hingga Juni 2024, dan 50 persen pada Juli hingga Desember 2024.

Program kedua adalah dukungan rumah bagi masyarakat berpendapatan rendah (MBR) dengan bantuan biaya administrasi selama 14 bulan senilai Rp4 juta per rumah mulai November 2023 sampai Desember 2024.

Febrio juga membeberkan program ketiga, yaitu dukungan rumah untuk masyarakat miskin dengan penambahan target bantuan rumah sejahtera terpadu sebanyak 1.800 unit senilai Rp20 juta per rumah. Program ini berlaku dari November 2023 sampai Desember 2024 dan diarahkan khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah di daerah pedesaan, yang merupakan bagian dari program Kementerian Sosial.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *