Ketua KPK Firli Bahuri Tersangka Pemerasan: Polda Metro Jaya Sita Barang Bukti Penting

Tersangka
Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya.

Jakarta – Penyidik Polda Metro Jaya telah menetapkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terkait penanganan perkara eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Dalam pengungkapan kasus ini, Polda Metro Jaya berhasil menyita sejumlah barang bukti yang diumumkan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (23/11/2023) dini hari. Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, menyampaikan beberapa barang bukti yang berhasil disita oleh penyidik.

“Pertama, dokumen penukaran valas dalam pecahan SGD dan USD dari beberapa outlet money changer dengan nilai total sebesar Rp7.468.711.500 sejak bulan Februari 2021 sampai September 2023,” kata Ade Safri Simanjuntak.

Selain itu, penyidik juga berhasil menyita salinan berita acara penggeledahan, berita acara penyitaan, berita acara penitipan temuan barang bukti, dan tanda terima penyitaan pada rumah dinas Mentan. Barang bukti tersebut di antaranya berisi lembar disposisi pimpinan KPK. Pakaian, sepatu, dan pin yang digunakan oleh Syahrul saat bertemu Firli di sebuah GOR bulu tangkis pada Maret 2022 juga menjadi barang bukti yang berhasil disita.

Baca Juga  Aksi Pengamen Terbongkar saat Curi HP Xiaomi Milik Buruh Harian di Depok

Penyidik juga mengamankan satu eksternal hard disk atau SSD dari penyerahan KPK yang berisi turunan ekstraksi data dari barang bukti elektronik yang telah disita oleh KPK RI.

“Selanjutnya, penyidik menyita ikhtisar lengkap Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) atas nama Firli pada periode waktu tahun 2019 sampai dengan tahun 2022. Dilakukan juga penyitaan terhadap 21 unit handphone dari para saksi, dan 17 akun email,” ungkap Ade Safri Simanjuntak.

Lebih lanjut, Ade Safri Simanjuntak menyebutkan barang bukti lain yang berhasil disita termasuk 4 unit flashdisk, 2 unit mobil, 3 e-money, 1 buah kunci atau remote keyless warna hitam bertuliskan Land Cruiser, 1 buah dompet bertuliskan Lady Americana USA bewarna cokelat berisikan 1 lembar holiday gateway voucher senilai 100.000 spiralcare Traveloka.

Baca Juga  Gubernur Jambi: Pemprov Jambi dan Kabupaten/Kota Butuh Pembinaan KPK

“Kemudian dilakukan penyitaan terhadap 1 buah anak kunci gembok dan gantungan kunci kuning berlogo KPK, serta beberapa surat atau dokumen lainnya dan barang bukti lainnya,” tandasnya.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *