Menantang Selera, Durian Musang King Kini

Lumajang
Durian

Jakarta – Kini, penggemar durian Musang King tidak perlu lagi merantau hingga ke Malaysia, sebab durian paling populer dari Negeri Jiran tersebut telah tumbuh subur di Lumajang, Jawa Timur. Keberhasilan seorang petani setempat dalam membudidayakan varian durian Musang King setelah empat tahun menanamnya menjadi berita gembira bagi pecinta buah berduri ini.

Rohmatullah (43), seorang petani berdedikasi dari Desa Denok, Kecamatan Lumajang, berhasil membudidayakan durian Musang King di lahan seluas 1/4 hektar sejak tahun 2019. Kini, durian tersebut memasuki masa panen setelah menantikan empat tahun kesabaran.

Menurut Rohmatullah, durian Musang King memiliki keunggulan panen lebih cepat dibandingkan dengan durian lokal, yakni setiap delapan bulan sekali. Dengan cita rasa yang luar biasa, durian ini dinilai memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan durian lokal. Dagingnya lebih tebal, rasanya manis, dan legit.

“Dibandingkan dengan durian lokal, durian Musang King ini lebih manis, legit, dan dagingnya tebal. Saya datang langsung ke kebun karena buah duriannya sudah matang, pohon dan buahnya pun masih fresh,” ujar Rohmatullah seperti dilansir dari detikJatim pada Jumat (10/11).

Baca Juga  Lima Jabatan Strategis di Lingkungan TNI Diserahterimakan

Keistimewaan durian Musang King tidak hanya dilihat dari rasanya yang lezat, tetapi juga dari berat buahnya yang mencapai 2 kilogram per buah. Dengan kualitas prima, harga durian Musang King di Lumajang mencapai Rp175 ribu per kilogramnya.

Salah satu pembeli setia durian Musang King, Riski, mengungkapkan kepuasannya, “Saya sangat suka dengan durian Musang King ini. Rasanya yang lebih manis, legit, dan dagingnya yang tebal membuat saya langsung datang ke kebun saat buahnya sudah matang.”

Durian Musang King, yang di Malaysia dikenal dengan sebutan mao shan wang atau ‘raja kucing’, diperkenalkan pada tahun 1990. Buah ini memiliki daging berwarna kuning mencolok, tebal, lembut, manis dengan sentuhan pahit yang pas, serta biji berukuran kecil.

Baca Juga  Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas 21 Kali, Jarak Luncur hingga 4 Km

Meski harga durian Musang King terkenal tinggi, mencapai puncaknya saat dijual di luar Malaysia, para pecinta durian di Lumajang dapat menikmati kelezatan buah eksklusif ini tanpa harus bepergian jauh. Durian Musang King kini menjadi daya tarik baru bagi warga setempat dan wisatawan yang ingin mencicipi keunikan rasa durian yang legendaris ini di kota Lumajang.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *