Presiden Jokowi Melepas Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza

Gaza
Presiden Jokowi melepas bantuan untuk Palestina

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas keberangkatan bantuan logistik, alat medis, dan tenda untuk para korban perang di Jalur Gaza, Palestina, Sabtu (4/11/2023). Bantuan tersebut diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno-Hatta.

Jokowi menyatakan bahwa ini adalah bantuan tahap pertama yang dibawa menggunakan tiga pesawat dan berisi 51,5 ton bantuan. Bantuan tersebut mencakup bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan bahwa bantuan ini tidak hanya berasal dari pemerintah Indonesia, melainkan juga dari masyarakat dan para pengusaha. “Bantuan ini disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusian, termasuk Baznas, IHA, PMI, Kita Bisa, pemerintah, TNI, dan Polri. Kami berharap akan ada lebih banyak bantuan dari masyarakat dan dunia usaha,” kata Jokowi.

Baca Juga  Wakil Presiden RI Berikan Penghargaan UHC Kepada Pemko Payakumbuh

Bantuan dari Indonesia ini akan tiba di Bandara El Arish, Mesir, dan selanjutnya akan diteruskan menuju Gaza. Jokowi menegaskan bahwa ini adalah wujud solidaritas Indonesia dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan. “Tragedi kemanusiaan di Gaza tidak dapat diterima dan harus segera diakhiri,” ujar Jokowi. “Saya ingin menekankan bahwa Indonesia akan terus mendukung perjuangan bangsa Palestina,” tambahnya.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *