Terkait Dugaan Pemerasan, Ketua KPK Akhirnya Diperiksa

Firli Bahuri
Firli Bahuri

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tiba untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan pemerasan yang menimpa mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), Selasa (24/10/2023).

Pemeriksaan ini dilakukan oleh tim penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

Pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menekankan bahwa Firli tidak mendapatkan perlakuan khusus, meskipun telah meminta untuk diperiksa di Bareskrim Polri.

“Ketua KPK Firli Bahuri telah tiba, beberapa menit yang lalu,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan saat dimintai konfirmasi pada Selasa (24/10/2023).

Walaupun demikian, Ramadhan mengakui bahwa ia tidak mengetahui pintu mana yang digunakan oleh Firli untuk masuk. Namun, dia menegaskan bahwa tidak ada perlakuan khusus dari Polri terhadap Firli.

Baca Juga  Kapolda Jateng Perintahkan Operasi Berbagai Tindak Kejahatan saat Ramadhan

“Saya tidak tahu pintu masuknya, saya berada di Gedung Humas Polri,” ujar Ramadhan. “Tidak ada perlakuan khusus, semuanya sama, tidak ada perlakuan khusus,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ramadhan menjelaskan bahwa pemeriksaan terhadap Firli di Bareskrim dilakukan atas permintaan dari Polda Metro Jaya. Meskipun begitu, kata dia, penanganan kasus tersebut tetap dilakukan oleh Polda Metro Jaya.

“Harus diingat bahwa Bareskrim, khususnya Direktorat Tindak Pidana Korupsi, hanya memberikan fasilitas ruang pemeriksaan sesuai permintaan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Proses penyidikan tetap berada di tangan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya,” jelasnya.

Baca Juga  Berkas Dilimpahkan, Kakek Pengedar 20 Kg Sabu di Sumut Segera Diadili

Sebelumnya, Firli Bahuri telah memenuhi panggilan penyidik terkait dugaan pemerasan yang menimpa SYL hari ini. Pemeriksaan dilakukan di Bareskrim Polri, meskipun kasus ini awalnya ditangani oleh Polda Metro Jaya.

Firli tiba tanpa terdeteksi oleh awak media yang telah menunggu sejak pagi. Ini karena Firli menggunakan pintu akses yang berbeda dari pintu masuk utama Gedung Bareskrim Polri, yang biasanya digunakan oleh masyarakat umum. (ab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *