Pentingnya Mengganti Oli Mesin Motor Secara Teratur

Oli Mesin
Oli Mesin

Jakarta – Pelumas atau oli mesin adalah salah satu faktor paling penting dalam perawatan sepeda motor. Oleh karena itu, melakukan penggantian oli secara teratur merupakan langkah yang sangat penting. Dengan melakukan penggantian oli secara teratur, mesin motor dapat terlindungi dengan baik dan performanya tetap optimal. Sayangnya, masih banyak pengendara motor yang mengabaikan pentingnya tindakan ini.

Seiring berjalannya waktu, oli dalam mesin akan terkontaminasi oleh partikel debu, kotoran, dan senyawa kimia yang dihasilkan selama proses kerja mesin. Hal ini mengakibatkan kemampuan pelumas oli berkurang, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan terjadinya gesekan berlebih pada komponen mesin. Dilansir dari laman Astra Honda Motor, berikut adalah beberapa efek negatif yang dapat terjadi jika penggantian oli motor terlambat:

Penurunan Kinerja Mesin: Oli yang terkontaminasi tidak mampu memberikan pelumasan optimal pada komponen mesin. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kinerja mesin secara keseluruhan. Pengendara mungkin akan merasakan penurunan akselerasi, daya tarik, dan responsivitas mesin.

Baca Juga  Pentingnya Penggantian Oli Motor, Hindari Kerusakan Serius

Overheat (Kelebihan Panas): Oli mesin juga berfungsi sebagai penyerap panas yang dihasilkan selama proses pembakaran dan akibat gesekan komponen di dalam mesin. Oli yang tidak mampu menahan suhu tinggi dapat menyebabkan mesin mengalami overheat (kelebihan panas). Kondisi ini berpotensi merusak komponen mesin yang lebih sensitif dan memerlukan perbaikan yang mahal.

Ketahanan Mesin Berkurang: Gesekan berlebih yang disebabkan oleh oli yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan keausan pada komponen mesin seperti piston, ring piston, dinding silinder, dan poros engkol yang merupakan komponen penting dalam mesin.

Konsumsi BBM yang Boros: Ketika penggantian oli terlambat atau tidak dilakukan secara teratur, mesin seperti dipaksa bekerja lebih berat tanpa perlindungan maksimal dari oli. Akibatnya, gesekan antara komponen dan suhu mesin akan semakin tinggi. Pada saat inilah proses pembakaran memerlukan lebih banyak bahan bakar dibandingkan dalam kondisi normal. Hal ini mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Baca Juga  Jaga Mesin Mobil Tetap Prima Saat Mudik dengan Pengecekan Oli yang Tepat

Untuk menghindari dampak negatif akibat penggantian oli yang terlambat, sangat penting untuk melakukan penggantian oli secara rutin dan sesuai jadwal yang direkomendasikan dalam buku pedoman kepemilikan sepeda motor. Interval penggantian oli dapat bervariasi tergantung pada merek dan tipe motor. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengikuti panduan yang tertera dalam buku manual motor Anda.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *