Kebakaran Melanda Pasar Sentral Wakuru, Sultra, Puluhan Kios Habis Dilalap Api

Kebakaran
Kebakaran Pasar Sentral di Sultra

Muna – Sebuah kebakaran hebat melanda Pasar Sentral Wakuru, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Selasa, 10 Oktober 2023, mulai dari sore hingga malam hari. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 16.30 WITA ini melibatkan sekitar 90 kios yang menjual sembako dan pakaian, yang terletak baik di bagian depan maupun dalam pasar.

Sayangnya, dalam peristiwa tragis ini, tidak banyak yang dapat diselamatkan oleh pemilik kios. Api dengan cepat merambat dan melalap seluruh bangunan Pasar Sentral, yang sebagian besar berkonstruksi semi permanen.

Anto, salah seorang pedagang di pasar tersebut, mengungkapkan bahwa warga sekitar berupaya membantu pemilik kios untuk menyelamatkan barang-barang yang berada di sekitar lokasi agar tidak ikut terbakar.

Baca Juga  Ribuan Jemaah Haji Tiba di Tanah Air, 316 Orang Meninggal Dunia

Upaya pemadaman api dilakukan oleh warga setempat dengan bantuan TNI dan Polri, meskipun harus mengandalkan alat-alat seadanya karena saat kejadian tidak ada mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang tersedia. Dua unit mobil Damkar akhirnya tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 19.00 WITA, tetapi sayangnya, pada saat itu, api telah menjalar dan merusak seluruh bangunan pasar.

Kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Ini bukanlah peristiwa pertama yang menimpa Pasar Sentral Wakuru, karena pada tahun 2021, pasar tersebut juga pernah mengalami kebakaran serupa yang menghanguskan sebanyak 80 kios.

Baca Juga  Kebakaran Gedung Mangaf, 30 Warga India Dirawat, 17 Dipulangkan

Pihak berwenang setempat diharapkan segera melakukan investigasi untuk menentukan penyebab kebakaran ini, serta memberikan bantuan kepada para pedagang yang terdampak. Semoga masyarakat dan pemilik kios yang terkena dampak kebakaran ini dapat segera pulih dan bangkit dari tragedi ini.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *