Angin Puting Beliung Timpa Puluhan Rumah di Desa Pocangan, Jember: Kerugian Jutaan Rupiah

Kerugian
ilustrasi

Jember – Kejadian angin puting beliung melanda Desa Pocangan, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember pada Senin (9/10) malam telah menyebabkan puluhan rumah mengalami kerusakan serius. Dalam peristiwa tersebut, lima rumah mengalami kerusakan parah, sementara rumah lainnya mengalami kerusakan pada gentengnya.

Video amatir yang beredar memperlihatkan betapa parahnya kerusakan yang diakibatkan oleh angin puting beliung di Desa Pocangan. Atap dan tembok rumah-rumah rusak parah karena tertimpa oleh pohon-pohon besar yang roboh akibat angin kencang tersebut.

Setelah menerima laporan mengenai kejadian ini, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember dan sejumlah relawan segera bergerak menuju lokasi kejadian. Mereka melakukan pemotongan atas pohon-pohon yang tumbang dan menimpa rumah-rumah warga. Saat proses pemotongan, petugas bahkan menghadapi risiko tertimpa bongkahan pohon besar.

Baca Juga  Banjir dan Longsor di Sumbar, 30 Korban Jiwa, Kerugian Rp226 Miliar

Hingga tengah malam Selasa (10/10), proses evakuasi atas pohon-pohon yang tumbang masih terus dilakukan. Beruntung, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam peristiwa ini, meskipun kerugian materiil ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Kejadian ini menjadi pengingat pentingnya kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem, terutama angin puting beliung, yang dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan serius. Masyarakat di daerah yang rawan dengan cuaca ekstrem diharapkan selalu siap siaga dan mengikuti perkembangan informasi cuaca dari pihak berwenang untuk mengurangi risiko kerusakan yang lebih besar.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *