Banjir 1 Meter Terjang Ratusan Rumah 3 Kecamatan di Situbondo, Lalu Lintas Macet

 

Penampakan banjir di salah satu titik di Situbondo



SITUBONDO  – Banjir bandang menerjang ratusan rumah di tiga kecematan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim) terendam banjir, Selasa (28/2/2023) malam. Air bah tiba-tiba datang dan masuk ke dalam rumah-rumah warga hingga ketinggian lebih dari satu meter. 

Banjir yang datang mendadak ini sempat membuat panik warga sekitar. Mereka bahkan tidak sempat menyelamatkan harta benda dari rendaman air karena air datang begitu cepat. 

Baca Juga  Wako Rida Bahas Problem Sampah di Kota Payakumbuh

“Hujan datang tiba-tiba. Setelah hujan turun dua jam, air langsung masuk. Ini ketinggian lebih dari satu meter. Rumah hampir tenggelam,” kata salah seorang warga, Suarna.  Selain rumah warga, banjir juga meluber hingga menutupi badan jalan pantura. Akibatnya lalu lintas dari arah Banyuwangi dan Surabaya macet panjang,sebagaimana dikutip iNews.id.

Di beberapa lokasi, banjir juga meninggalkan tumpukan lumpur yang banyak. Warga pun terpaksa  bergotong royong membersihkan lumpur dan material yang terbawa banjir.  Berdasarkan data dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, hujan lebat menyebabkan ratusan rumah di tiga kecamatan di genangi luapan air sungai. Tiga kecamatan tersebut yaitu Banyuglugur, Besuki dan Kendit. 

Baca Juga  Wagub Sumbar Ikuti Penanaman 1.000 Bibit Pohon Bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo

“Tim kebencanaan masih melakukan pendataan kepada warga terdampak,” kata Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono.  Informasi yang dihimpun, banjir bandang ini terjadi akibat tanggul sungai yang jebol dan tak kunjung di perbaiki. Akibatnya, saat debit air sungai meningkat langsung meluber ke permukiman warga.(*) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *