Presiden Jokowi Pimpin Perayaan HUT ke-78 TNI dengan Megah

Jokowi
Presiden Jokowi Periksa Pasukan HUT ke-78 TNI

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur dalam upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI yang berlangsung di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Presiden Jokowi tampil mengenakan pakaian resmi berupa jas hitam lengkap dengan kopiah. Sebagai Inspektur Upacara, Jokowi memulai tugasnya dengan memeriksa ribuan prajurit TNI yang menjadi peserta upacara dari atas tank tempur. Sambil berdiri di atas tank, beliau mengelilingi lapangan upacara, didampingi oleh Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono.

Dalam perannya sebagai Inspektur, Jokowi dengan teliti melihat setiap barisan ribuan prajurit tersebut sebelum kembali berdiri di tenda podium VVIP.

Perayaan HUT ke-78 TNI tahun 2023 melibatkan 4.630 personel pasukan dan 130 alat utama sistem senjata (alutsista). Tema yang diangkat dalam perayaan ini adalah “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju.”

Baca Juga  Hilangnya Pelat Besi JPO Picu Pemasangan CCTV di Jakarta Barat

Tema tersebut mencerminkan komitmen TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri dari tiga matra (TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara) untuk selalu bersatu, kokoh, dan setia kepada Bangsa dan Negara.

Selain itu, TNI juga berkomitmen untuk terus mengawal demokrasi dan berkolaborasi dengan semua komponen masyarakat Indonesia demi mewujudkan Indonesia yang maju, mandiri, dan sejahtera.

Dalam rangkaian perayaan HUT ke-78 TNI, juga diadakan parade alutsista yang mengesankan. Alutsista yang ditampilkan mencakup kendaraan tempur, kendaraan taktis, mobil dan motor listrik, pesawat nirawak (drone), sistem senjata, rudal-rudal, sistem peluncur rudal, tank amphibi Marinir, serta searider dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL.

Baca Juga  Semangat Olahraga, Jokowi Ikut Bermain Sepak Bola di Sleman

Perayaan ini menjadi momen penting dalam memperingati peran TNI dalam menjaga kedaulatan dan keselamatan negara serta mendukung pembangunan nasional.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *