Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara, Kembali Erupsi dengan Tinggi 1100 Meter

Erupsi
Gunung Ibu erupsi pagi ini

Jakarta – Gunung Ibu, yang terletak di Halmahera Barat, Maluku Utara, mengalami erupsi lagi pada pagi ini, pukul 09.26 WIT. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi letusan mencapai 1100 meter di atas puncak gunung.

Petugas Pos Gunung Api, Ahmad Basuki, menjelaskan, “Terjadi erupsi Gunung Ibu pada hari Senin, 02 Oktober 2023, pukul 09:26 WIT. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 1100 meter di atas puncak gunung (atau sekitar 2425 meter di atas permukaan laut).”

Ahmad juga mengungkapkan bahwa kolom abu yang dihasilkan berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang mengarah ke utara. Erupsi ini tercatat pada seismograf dengan amplitudo maksimum mencapai 28 mm dan durasi selama 60 detik.

Baca Juga  Erupsi Gunung Ibu, Kolom Abu Mencapai 5.000 Meter

Sehubungan dengan erupsi tersebut, Ahmad meminta agar masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung atau wisatawan untuk tidak beraktivitas di dalam radius 2,0 km dari puncak gunung dan perluasan sektoral dengan jarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara kawah aktif Gunung Ibu.

Baca Juga  Waspada Potensi Bencana, Material Erupsi Gunung Marapi Ancam Sungai Sumbar

Lebih lanjut, ia juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata) jika terjadi hujan abu sebagai langkah pencegahan yang diperlukan.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *