Tips Pramugari untuk Kebersihan saat Naik Pesawat: Tetap Kenakan Sepatu

Pramugari
ilustrasi

Jakarta – Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan udara, seorang pramugari memberikan tips penting tentang kebiasaan naik pesawat, terutama mengenai penggunaan alas kaki atau sepatu.

Ciera Misstt, seorang awak kabin yang juga seorang TikToker, menganjurkan penumpang pesawat untuk tetap mengenakan sepatu selama penerbangan. Dia mengakui bahwa dia sering mengingatkan hal ini kepada para penumpang.

Alasannya bukan hanya karena masalah bau kaki penumpang, tetapi juga kekhawatirannya tentang kebersihan di dalam pesawat. Jika penumpang melepas sepatunya di pesawat, kaki mereka dapat terpapar kuman atau bakteri.

“Demi Tuhan, kamu harus tetap pakai sepatu. Pesawat kami kotor dan cairan yang kamu lihat di lantai kamar mandi bukanlah air,” ujar Cierra dalam video yang diunggah di akun Tiktok-nya @cierra_mistt, seperti dilansir Mirror, Rabu (27/9).

Meskipun staf maskapai melakukan pembersihan secara rutin di dalam pesawat, bertelanjang kaki di dalam pesawat tetap dilarang.

Baca Juga  Jum'at Bersih Area Stasiun, Sinergi Korlap Stater Bersama Lurah Depok

Pembersihan di dalam pesawat biasanya dilakukan dengan membuang sampah serta membersihkan permukaan area kabin. Namun, pembersihan menyeluruh di dalam pesawat hanya dilakukan setiap empat sampai enam minggu sekali, tergantung pada kebijakan maskapai penerbangan. Oleh karena itu, ada potensi penumpang pesawat yang tidak mengenakan sepatu atau alas kaki terpapar kuman dan bakteri.

Saran serupa juga disampaikan oleh pramugari bernama Marika Mikusova yang mengungkapkan bahwa toilet pesawat lebih jarang dibersihkan daripada yang banyak orang kira, bahkan untuk urusan merapikan.

“Ketika para kru pergi untuk ‘membersihkan toilet,’ itu artinya, sering kali, mereka hanya mengunci diri di dalam toilet itu selama lima menit untuk memeriksa ponsel mereka,” ucap Marika.

Marika mengaku pernah melihat seorang staf kebersihan mengelap permukaan kabin pesawat dengan kain lap yang sama yang digunakan saat mengelap lantai toilet pesawat. Dia menyarankan penumpang untuk menyadari sejauh mana permukaan area kabin pesawat bisa kotor.

Baca Juga  Pernyataan Jokowi: Kepala Negara Diberi Keleluasaan untuk Terlibat dalam Kegiatan Politik

“Melihat hal ini sudah menjadi hal biasa bagi saya, jadi saya tidak terkejut sama sekali,” tambahnya.

Jadi, ingatlah untuk selalu tetap mengenakan sepatu saat dalam penerbangan agar menjaga kebersihan dan kesehatan Anda. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *