Gempa Bumi Tektonik M5,6 Guncang Samudera Hindia Barat Sumatera

Gempa Bumi
ilustrasi Gempa Bumi

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadinya gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,6 di wilayah Samudera Hindia Barat Sumatera pada Kamis, 28 September 2023, pukul 00.47.22 WIB dini hari.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki magnitudo sebesar 5,6. Episenter gempa terletak pada koordinat 0,94° LU dan 93,10° BT, berlokasi di laut dengan jarak sekitar 445 kilometer arah Barat Daya dari Kota Sinabang, Aceh, pada kedalaman 10 kilometer.

Dampak gempa bumi ini dirasakan di daerah Banda Aceh dengan skala intensitas II-III MMI, yang berarti getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seperti truk berlalu.

Baca Juga  Gempa Bumi Magnitudo 3,8 Guncang Sukabumi, BMKG Cepat Tanggap

BMKG menjelaskan, “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.”

Pernyataan tersebut diikuti dengan penjelasan mengenai lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, yang menunjukkan bahwa gempa bumi ini merupakan jenis gempabumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas pada Investigator Fault Zone.

Selain itu, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Baca Juga  Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Gorontalo Utara

“Sejauh ini, hingga pukul 02.49 WIB, hasil pemantauan BMKG belum mendeteksi adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” demikian keterangan BMKG tersebut. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *