10 Korban Longsor di Natuna Kepri Ditemukan, Cuaca Buruk Hambat Proses Evakuasi

Tim SAR bersiaga di lokasi longsor Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Kepri, Senin (6/3/2023).


Natuna  – Tim SAR gabungan mengevakuasi 10 jenazah korban longsor di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (6/3/2023). 

Hingga sore ini, tim SAR terus berupaya mencari puluhan korban lainnya yang diduga masih tertimbun longsor. Namun, proses pencarian dan evakuasi terhambat cuaca buruk.

“Sementara ada 10 orang meninggal yang sudah berhasil dievakuasi,” ungkap Plh Komandan Koramil 06/Serasan, Sersan Mayor (Serma) Rahmansyah Saragih, sebagaimana dikutip iNews.id.

Dia mengatakan, longsor susulan masih terjadi, sehingga menyulitkan proses evakuasi. Rumah warga yang tertimpa longsor belum bisa dihitung.

Baca Juga  Bendungan Lahor Malang Jadi Saksi, Pelajar Tewas Tenggelam Saat Memancing

Saat ini, menurut Rahmansyah, jalan raya yang menghubungkan daerah Astaka ke arah Koramil lumpuh dan tak bisa dilintasi akibat material longsoran menutup ruas jalan.

Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna dan Kodim 0318/Natuna telah mengerahkan dua kapal dan satu RIB untuk menuju lokasi yaitu Pulau Serasan. Dari Ibu Kota Kabupaten Natuna, Ranai, menuju Pulau Serasan menggunakan kapal cepat dalam kondisi cuaca normal sekitar 5 jam.

Bupati Natuna, WAN Siswandi mengatakan, longsor sudah terjadi dua kali dalam satu pekan ini. Namun pada bencana longsor pertama tidak ada menelan korban jiwa.

Longsor kedua terjadi di Genting, Serasan, Kabupaten Natuna. Pada peristiwa ini diperkirakan memakan korban sekitar 50 orang.

Baca Juga  Kecelakaan Maut di Deli Serdang: Bidan Tewas Akibat Tabrakan Motor dengan Becak Bermotor

“Saya pun belum tahu persis, tapi informasinya sekitar 50 orang meninggal,” ucapnya.

Menurutnya, bencana alam ini di luar kemampuan batas tanah untuk menahan air. Pasalnya di Pulau Serasan telah hujan sejak lima hari lalu dan menyebabkan banjir.

Atas bencana ini, Bupati Natuna dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah langsung turun ke Serasan sore ini. Pemerintah juga telah menyiapkan bantuan untuk para korban.

“Kita nanti cek ke lokasi. Bawa bantuan kasur, selimut, tempat tidur, dan tentunya untuk makanan seperti beras atau mi instan,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *