Keutamaan Baca Surah Al-Baqarah, Mendatangkan Rezeki Hingga Penghapus Dosa

FAJAR SUMBARSurat Al-Baqarah adalah surah kedua dalam Al-Quran yang memiliki 286 ayat. Surah ini adalah salah satu surah terpanjang dalam Al-Quran dan memiliki banyak keutamaan yang sangat dihormati dalam Islam.

Membaca Al-Quran Surah Al-Baqarah dengan penuh penghayatan dan memahami maknanya memiliki beragam manfaat spiritual dan dunia. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca Surah Al-Baqarah:

  1. Perlindungan dari Syaitan

Membaca Surah Al-Baqarah di rumah dapat memberikan perlindungan dari gangguan syaitan. Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kamu jadikan rumah-rumahmu itu seperti kuburan, karena syaitan-syaitan lari dari rumah-rumah yang dibaca di dalamnya Surah Al-Baqarah.” (HR. Muslim)

  1. Mendatangkan Rezeki

Membaca Surah Al-Baqarah dengan niat yang tulus dapat membantu meningkatkan rezeki seseorang. Rasulullah SAW juga menyatakan bahwa membaca ayat pertama dan dua terakhir dari Surah Al-Baqarah setiap malam akan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan seorang Muslim.

Baca Juga  Rampok Minimarket di Jatinegara karena Terlilit Utang, Pemuda Ini Sempat Siramkan Bensin ke Pegawai
  1. Pahala yang Besar

Membaca Surah Al-Baqarah membawa pahala yang besar. Rasulullah SAW bersabda, “Setiap perkataan yang dibaca dalam Surah Al-Baqarah memberikan satu kebaikan, dan setiap kebaikan akan mendatangkan sepuluh pahala.” (HR. Muslim)

  1. Pembaca Terhormat

Orang yang rajin membaca Surah Al-Baqarah akan dihormati di dunia dan akhirat. Rasulullah SAW menyatakan, “Barangsiapa yang membaca Surah Al-Baqarah di rumahnya pada malam hari dalam waktu tiga malam, syaitan tidak akan mendekatinya.” (HR. Tirmidzi)

  1. Penghapus Dosa

Surah Al-Baqarah juga memiliki kemampuan untuk menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Baqarah, karena mengambil dan membaca itu adalah berkat dan meninggalkannya adalah kecelakaan, dan seorang penyihir tidak dapat membacanya.” (HR. Nasai)

Baca Juga  PLTA Kayan Cascade Menuju Tahap Penting: Proyek Strategis dengan Kapasitas 9.000 MW
  1. Petunjuk dan Hidayah

Surah Al-Baqarah berisi petunjuk dan hikmah yang mendalam. Membacanya dengan pemahaman dapat membantu seseorang mendapatkan petunjuk hidup yang benar dan mendalam dalam agama Islam.

Membaca Surah Al-Baqarah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Hal Ini bukan hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga sebagai cara untuk meningkatkan keimanan, mendapatkan berkah, dan mendapatkan perlindungan dari gangguan syaitan.

Oleh karena itu, mari berusaha untuk membaca Surah Al-Baqarah secara teratur dan mendalam, serta memahami maknanya agar kita dapat merasakan keutamaan-keutamaan yang luar biasa dari surah ini dalam kehidupan sehari-hari kita.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *