6 WNI Belum Ditemukan usai Kapal Penangkap Ikan Terbalik di Perairan Jepang

 

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha.



Jakarta – Enam warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi awak kapal Xin Chang Fa No 88 sampai hari ini belum ditemukan. Kapal itu sebelumya dilaporkan terbalik di perairan Jepang, akhir pekan lalu. 

“Operasi SAR (pencarian dan penyelamatan) masih terus berlangsung untuk mencari para awak kapal Xin Chang Fa No 88 berbendera Taiwan,” ungkap Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, melalui pesan singkat, Rabu (8/3/2023),sebagaimana dikutip iNews.id.

Baca Juga  Wako Genius Umar Siap Tampung Mahasiswa Unand Asal Kota Pariaman Tak Lolos KIP K

Dari pencarian tersebut, satu jenazah telah ditemukan. Korban diidentifikasi sebagai kapten kapal yang merupakan warga negara Taiwan, berdasarkan data sidik jari. “KBRI Tokyo dan KDEI Taipei terus berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk segera menemukan enam awak kapal WNI,” ujar Judha.

Kapal penangkap ikan yang diawaki tujuh orang tersebut terbalik di perairan dekat Kepulauan Sinkaku, Okinawa, Jepang, pada Minggu (5/3/2023) pukul 13.30 waktu setempat (15.30 WIB).

Baca Juga  Satu Anggota Densus 88 Terluka, Terjadi Baku Tembak dengan Teroris

Berdasarkan laporan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang kepada penjaga pantai setempat, lokasi kapal terbalik berjarak sekitar 150 km arah utara Pulau Ishigaki di Prefektur Okinawa. Area itu berjarak sekitar 40 km sebelah timur Pulau Kuba di Kepulauan Senkaku.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *