Indonesia Berambisi Jadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia Melalui WIES 2023 di Kota Padang

Ekonomi
Dari kiri ke kanan: Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

Padang – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, dengan tekad yang kuat menyatakan bahwa Indonesia tengah menjalani perjalanan menuju status sebagai pusat ekonomi syariah dunia. Salah satu langkah besar dalam mewujudkannya adalah melalui penyelenggaraan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat.

“Kami ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat perkembangan ekonomi Islam dan keuangan syariah di seluruh dunia,” tegas Ma’ruf Amin pada Jumat (9/8/2023).

Pada ajang WIES ini, Wakil Presiden melihat respons yang sangat positif dari negara-negara peserta. Hal ini tidak terlepas dari potensi besar yang dimiliki oleh Indonesia, yang meyakinkan delegasi internasional yang hadir untuk mempertimbangkan Indonesia sebagai pusat perkembangan ekonomi syariah global.

Selama kesempatan tersebut, Ma’ruf Amin, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, juga menggarisbawahi potensi besar yang dimiliki oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mendukung upaya membangun ekonomi yang inklusif, adil, dan berkelanjutan.

Baca Juga  Performa Timnas: Indonesia di Posisi 145 pada Ranking FIFA Terbaru

“Terlebih lagi, jumlah UMKM yang dominan dan tersebar luas di seluruh negeri,” tambahnya.

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen dengan serius untuk mengembangkan ekosistem kewirausahaan di tanah air, dengan langkah-langkah seperti pengaturan regulasi untuk mendukung perkembangan kewirausahaan nasional. Dukungan ini mencakup insentif, penyediaan infrastruktur, peningkatan sumber daya manusia, pembiayaan, akses pasar yang lebih mudah, serta peningkatan pendidikan dan pelatihan.

Ma’ruf Amin menjelaskan, “Tujuan kami adalah menciptakan lebih banyak wirausaha baru dan mendorong mereka untuk berkembang menjadi wirausaha yang mapan, yang kemudian bisa menjadi mentor bagi wirausaha lainnya.”

Selain itu, Indonesia juga telah mengembangkan model bisnis kewirausahaan tematik, termasuk skema wirausaha pemuda, wirausaha perempuan, wirausaha sosial, wirausaha desa, dan wirausaha teknologi.

Baca Juga  Inovasi Kurikulum Merdeka: Kemenkes, Kemendikbudristek, dan Kemenag Rilis Perangkat Ajar Kesehatan

Semua upaya yang diambil Indonesia dalam mewujudkan kemajuan ekonomi yang lebih baik juga mencakup pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus baru yang menjanjikan. Melalui komitmen dan kerja keras, Indonesia semakin mendekat untuk meraih peran sentral dalam ekonomi syariah global. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *