Kebakaran Hebat Menghanguskan Kawasan Pengasinan Ikan di Muara Angke, Jakarta Utara

Kebakaran
Kebakaran

Jakarta – Kebakaran hebat telah melanda kawasan pengasinan ikan di Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara pada hari Sabtu (12/8/2023) siang. Dalam peristiwa ini, sekitar belasan rumah semipermanen dilaporkan terbakar hingga luluh lantak.

Perwira Piket Suku Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara, Sugiman, menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan tentang kebakaran ini pada pukul 10.30 WIB dan segera menggerakkan puluhan unit pemadam kebakaran ke lokasi.

“Saat kami menerima laporan pukul 10.30 WIB, kami segera mengirim unit yang berada di dekat lokasi kejadian. Total terdapat 23 unit dari kami yang dikerahkan, dan kami juga menerima bantuan dari Jakarta Barat sebanyak 4 unit,” ujar Sugiman di tempat kejadian. Sugiman menambahkan bahwa, untungnya, tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa ini. Saat ini, sekitar belasan rumah yang terdampak kebakaran masih dalam proses pendataan.

Baca Juga  Ketika Jamur Merebut Roti dan Makanan Anda: Apa yang Harus Anda Lakukan?

“Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan saat ini. Namun, kerugian materiil cukup besar, dengan sekitar belasan rumah yang terkena dampaknya. Kawasan ini sebagian besar digunakan sebagai tempat pengasinan ikan. Jumlah pasti rumah yang terdampak masih dalam tahap pendataan. Penyebab awal dugaan adalah korsleting listrik,” jelasnya. Kebakaran terjadi di Jalan Pengasinan RT 09, RW 11 Kelurahan Pluit Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sejumlah rumah semipermanen dilaporkan terbakar dalam peristiwa ini.

Berdasarkan pengamatan di lokasi, api dengan cepat melalap sejumlah bangunan rumah milik warga. Kepulan asap yang tebal memicu kepanikan di kalangan warga sekitar. Salah satu warga setempat, Budiman (55), mengisahkan bahwa api pertama kali muncul dari salah satu rumah warga. Dalam waktu singkat, api dengan cepat merambat ke rumah-rumah di sekitarnya.

Baca Juga  Presiden Jokowi Akan Bahas Konflik Gaza di KTT OKI

“Saya tidak mengetahui secara pasti, tetapi saat saya mendengar suara gemuruh api, saya keluar rumah dan melihat api berkobar dari salah satu rumah. Kemudian, tiba-tiba, api itu membesar dan menjalar ke seluruh area,” ungkap Budiman di lokasi kejadian.(dj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *