Pangkoarmada III Hadiri Pergantian Kepemimpinan Koarmada I dan II

Jakarta, fajarharapan.id – Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) III Ny. Insani Rachmad Jayadi menghadiri Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangkoarmada I dan Pangkoarmada II serta Dankoppeba Koarmada RI yang dipimpin oleh Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto di Lapangan Laut Arafuru, Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat. Selasa (08/08/23).

Jabatan Pangkoarmada I yang sebelumnya dijabat oleh Laksda TNI Erwin S. Aldedharma diserahterimakan kepada Laksda TNI Achmad Wibisono dan Pangkoarmada II dari Laksda TNI Maman Firmansyah diserahterimakan kepada Laksda TNI Yayan Sofiyan, serta Dankopebba Koarmada RI dari Laksma TNI Darmansyah kepada Laksma TNI Yosua Dominggus Aipassa.

Koarmada I dan Koarmada II merupakan komando pelaksana yang berkedudukan di bawah Koarmada RI, wilayah kerja Koarmada I meliputi wilayah Indonesia bagian barat sedangkan Koarmada II meliputi wilayah Indonesia bagian tengah, dimana diketahui bahwa situasinya sangat dinamis dan dapat mempengaruhi situasi politik serta keamanan nasional. Kedua Armada tersebut memiliki wilayah perbatasan dengan beberapa negara tetangga,yang setiap saat memiliki kepentingan tertentu dan dihadapkan pada ancaman konflik horizontal serta pelanggaran hukum di laut.

Baca Juga  Dilanda Banjir, 360 Hektare Sawah di Aceh Utara Terendam Air

Pangkoarmada RI mengatakan bahwa dengan melihat karakter wilayah tersebut Panglima Koarmada I dan Panglima Koarmada II harus senantiasa mengantisipasi kemungkinan ancaman potensial dan aktual di wilayah kerjanya masing-masing, serta harus tanggap terhadap perkembangan situasi keamanan di wilayah kerjanya terutama dalam menghadapi tahun politik 2024.

Baca Juga  2 Remaja Minahasa Pencuri Motor Dibekuk Polresta Manado 

Setelah pelaksanaan sertijab, Pangkoarmada III berkesempatan mengucapkan selamat kepada Pangkoarmada I dan Pangkoarmada II serta Dankopebba Koarmada RI atas jabatan baru yang diembannya, setelah secara resmi menerima tongkat Komando dan dilantik oleh Pangkoarmada RI beberapa saat yang lalui. (Koarmada III)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *