Bank Muamalat dan BMM Berdayakan Petani Jamur Tiram untuk Meningkatkan Kesejahteraan

BMM
BMM dorong budidaya jamur tiram

Jakarta – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk bersama Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Muamalat (BMM) telah meluncurkan program inovatif yang bertujuan untuk memberdayakan petani jamur tiram di Jawa Timur. Dalam rangka memajukan perekonomian masyarakat, kedua lembaga ini memberikan bantuan kepada para petani jamur tiram yang berlokasi di Kecamatan Benowo, Surabaya, Jawa Timur.

Dalam keterangan resmi, Direktur Eksekutif BMM, Novi Wardi, menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan tidak hanya sekadar berupa aset, melainkan juga pengetahuan dan dukungan yang mendalam. Program ini mewakili semangat ekonomi Islam yang dianut oleh Bank Muamalat dan BMM, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat penerima manfaat. Sumber dana untuk program ini berasal dari zakat penghasilan karyawan Bank Muamalat, yang telah disalurkan melalui BMM.

“Bukan hanya memberikan bantuan material, program pemberdayaan ini juga mengedepankan pendampingan dan pendidikan tentang budidaya jamur tiram secara menyeluruh. Kami ingin memastikan bahwa para petani tidak hanya mendapatkan dukungan finansial, tetapi juga pengetahuan yang memadai untuk mengembangkan usaha mereka,” ungkap Novi Wardi pada hari Rabu.

Baca Juga  Terkait Dugaan Pemerasan, Ketua KPK Akhirnya Diperiksa

Dalam upaya untuk mendukung perkembangan usaha para petani, Bank Muamalat dan BMM juga memberikan bantuan berupa satu unit rumah jamur tiram serta 2000 media tanam (baglog). Langkah ini diharapkan akan mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas hasil panen para petani.

Baca Juga  Kebakaran Melanda Pelabuhan Kamal-Bangkalan, Madura

Melihat ke depan, program pemberdayaan petani jamur tiram ini diharapkan mampu merubah Kecamatan Benowo menjadi desa wisata jamur tiram yang menarik. Dengan demikian, selain memberikan manfaat ekonomi langsung kepada petani, program ini juga memiliki potensi untuk mengembangkan pariwisata lokal dan menciptakan efek positif yang lebih luas bagi masyarakat sekitar.

Dengan langkah-langkah progresif seperti ini, Bank Muamalat dan BMM membuktikan komitmennya dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip ekonomi Islam ke dalam praktek nyata untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *