Google Akan Hapus Akun Gmail dan YouTube Tidak Aktif Mulai Des 2023: Cara Mencegah

Gmail
Gmail

Jakarta – Google akan menghapus akun Gmail dan YouTube yang tidak aktif mulai 1 Desember 2023. Bagi para pengguna, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah akun mereka dihapus oleh Google.

Kebijakan penghapusan ini diberlakukan bagi akun pengguna yang dalam waktu 2 tahun terakhir tidak pernah melakukan login di platform-platform Google, termasuk Gmail, akun YouTube, dan layanan-layanan lainnya.

Untuk menjaga akun tetap aktif, pengguna disarankan untuk terus melakukan aktivitas di akun mereka. Aktivitas yang dihitung sebagai “aktif” oleh Google mencakup berbagai hal seperti membaca atau mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton video di YouTube, berbagi foto, mengunduh aplikasi, menggunakan Google Search, serta menggunakan fitur “Masuk dengan Google” untuk login ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Baca Juga  Tampil Pakai Baju Adat Bolmong, Perempuan Ini Daftar Calon DPD RI

Penting untuk diingat bahwa aktivitas ini berhubungan dengan akun dan bukan dengan perangkat yang digunakan. Artinya, pengguna dapat melakukan aktivitas tersebut dari berbagai perangkat, baik itu ponsel maupun PC.

Jika pengguna memiliki lebih dari satu akun Google, disarankan untuk secara berkala melakukan aktivitas dengan tiap akun agar tetap dianggap aktif dan tidak terkena penghapusan oleh Google.

Meskipun demikian, kebijakan ini tidak akan mencakup penghapusan akun yang pernah mengunggah video di YouTube. Hal ini berkaitan dengan kekhawatiran masyarakat terkait potensi penghapusan video di kanal milik kreator yang sudah meninggal.

Google juga berjanji untuk mengirimkan notifikasi terlebih dahulu kepada pengguna sebelum melakukan penghapusan akun, melalui email pengguna maupun email recovery yang terhubung dengan akun tersebut.

Baca Juga  Jamu Tradisional Mengandung Bahan Kimia Obat, Ancaman Serius bagi Kesehatan

Jadi, bagi para pengguna yang ingin menjaga akun Gmail dan YouTube mereka tetap aktif, disarankan untuk terus aktif berinteraksi dengan platform-platform Google dan melakukan aktivitas yang disebutkan di atas. Dengan demikian, akun dan data pengguna dapat terjaga dan tidak terkena risiko penghapusan oleh Google. (dj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *