Hati-hati Minum Obat: 5 Bahaya Kebanyakan Konsumsi Obat yang Perlu Diwaspadai

Obat
Obat

Jakarta – Kesehatan merupakan aset berharga yang harus dijaga dengan baik. Saat mengalami gangguan atau kondisi kesehatan yang mengancam, minum obat menjadi pilihan banyak orang untuk meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup. Namun, penting untuk memperhatikan aturan minum obat agar tidak berlebihan, karena dapat membawa bahaya bagi tubuh.

Kebiasaan berlebihan dalam mengonsumsi obat dapat menyebabkan overdosis, yaitu keracunan akibat melebihi dosis yang seharusnya diterima tubuh. Overdosis ini dapat memiliki efek samping yang serius, bahkan berbahaya bagi kesehatan seseorang. Beberapa bahaya kebanyakan minum obat yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut:

Urin Berwarna Biru
Perlu diingat bahwa tidak semua obat aman dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Beberapa obat tertentu seperti amitriptyline (antidepresan), indometasin (Indocin – obat penghilang rasa sakit), dan propofol (anestesi Diprivan) dapat menyebabkan perubahan warna pada urine, sehingga urine menjadi berwarna biru. Hal ini disebabkan oleh adanya pewarna buatan dalam obat.

Baca Juga  BMKG Prediksi Kekeringan Melanda Indonesia Hingga November

Hilang Ingatan
Beberapa jenis obat, seperti obat penenang dan obat tidur, dapat menyebabkan gangguan pada ingatan jangka pendek. Jika dikonsumsi secara berlebihan, efek samping ini dapat semakin memburuk dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Halusinasi dan Potensi Bunuh Diri
Penggunaan obat-obatan dalam dosis yang tidak sesuai dapat menyebabkan efek samping berupa halusinasi. Lebih serius lagi, beberapa pasien melaporkan upaya bunuh diri sebagai dampak dari konsumsi obat yang berlebihan.

Risiko Serangan Jantung
Sebuah penelitian dari Rumah Sakit Universitas Kopenhagen, Denmark, menemukan bahwa penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti Ibuprofen dalam dosis berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian bagi pasien yang selamat dari serangan jantung.

Kerusakan Ginjal
Obat-obatan tertentu dapat mengganggu aliran darah ke ginjal, yang akhirnya dapat memicu reaksi alergi dan merusak kesehatan ginjal. Efek ini terutama terjadi ketika seseorang mengonsumsi obat dalam dosis berlebihan tanpa adanya resep dari dokter.

Baca Juga  Pelayanan Kesehatan Gratis Langsung Door To Door dari Satgas Yonif 509  

Penting bagi setiap individu untuk selalu mengikuti dosis dan aturan minum obat yang dianjurkan oleh tenaga medis atau dokter. Apabila terjadi overdosis atau efek samping yang mencurigakan, segera cari bantuan medis untuk menghindari dampak yang lebih serius bagi kesehatan. Kesadaran akan pentingnya penggunaan obat yang tepat dapat menjadi langkah awal dalam menjaga kesehatan tubuh dan menghindari risiko buruk dari kebanyakan minum obat.(dj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *