Peranan Kelapa Sawit dalam Perekonomian Sumatra Utara

Kelapa Sawit
Kelapa Sawit

Medan – Salah satu hasil perkebunan yang memiliki peran besar dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia adalah kelapa sawit. Bukan hanya di Kalimantan, yang merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, tetapi juga Sumatera Utara memiliki beberapa daerah dengan sumber daya terbesar.

Berikut adalah lima daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Sumatera Utara berdasarkan data sumut.bps.go.id.

Padang Lawas
Padang Lawas merupakan daerah penghasil kelapa sawit terbesar urutan kelima. Menurut laporan BPS tahun 2021, produksinya mencapai 569.436,36 ton.

Labuhanbatu Selatan
Kabupaten Labuhanbatu Selatan menempati urutan keempat dalam hal produksi kelapa sawit. Menurut data BPS, produksi kelapa sawit di kabupaten tersebut pada tahun 2021 mencapai 729.009,09 ton.

Baca Juga  Pesawat Lion Air A 330 Bawa Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Langkat
Kabupaten Langkat, yang merupakan wilayah terluas di Sumatera Utara, menempati peringkat ketiga dalam produksi kelapa sawit. Menurut laporan, produksinya mencapai 764.436,36 ton pada tahun 2021.

Labuhanbatu Utara (Labura)
Kabupaten Labuhanbatu Utara menempati peringkat kedua sebagai penghasil kelapa sawit terbesar. Menurut data BPS, produksinya mencapai 1.163.022,73 ton.

Asahan
Di posisi pertama terdapat Kota Asahan di Sumatera Utara. Menurut laporan BPS, produksi kelapa sawit di Kabupaten Asahan mencapai 1.654.040,91 ton.

Kelapa sawit telah tersebar di 26 provinsi di Indonesia. Menurut data BPS, provinsi penghasil kelapa sawit terbesar adalah Riau, yang telah memproduksi sekitar 8,9 juta ton.

Baca Juga  Breaking News, Arif Rachman Arifin Divonis 10 Bulan Penjara Kasus Obstruction of Justice

Dalam hal ini, Provinsi Riau memiliki areal perkebunan kelapa sawit terluas di Indonesia, dengan luas 2,89 juta hektar pada tahun 2021, yang mencakup 19,16% dari total luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *