Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS dan PPPK pada September 2023

CPNS
CPNS

Jakarta – Pemerintah Indonesia akan membuka rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada bulan September 2023.

Berikut adalah beberapa fakta terkait Seleksi CPNS dan PPPK 2023 yang telah dirangkum dari Okezone:

Seleksi CPNS Mulai Dibuka
Rekrutmen ini akan dibuka dengan total 1,03 juta formasi. Sebanyak 80% dari formasi tersebut akan diisi oleh PPPK, sementara 20% sisanya akan diisi oleh fresh graduate.

Status Kepegawaian
Mulai tahun 2023, status kepegawaian di lingkungan instansi pemerintah hanya akan terdiri dari dua jenis, yaitu PNS dan PPPK.

4 Kebijakan Pengadaan ASN 2023
Pertama, pemerintah akan memfokuskan pada pelayanan dasar, terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Fokus ini juga dilakukan untuk mengatasi masalah kekurangan tenaga non-ASN dengan lebih optimal.

Baca Juga  Wako Menyerahkan 799 SK PPPK, Ahmadi Zubir : Mendorong Peningkatan Semangat Kerja dan Pengabdian pada Bangsa dan Masyarakat

Kedua, pemerintah akan memberikan kesempatan rekrutmen bagi talenta di bidang digital dan data scientist secara terukur.

Ketiga, seleksi CPNS akan dilakukan dengan sangat selektif.

Keempat, pemerintah akan mengurangi rekrutmen untuk jabatan-jabatan yang berpotensi terdampak oleh transformasi digital. Saat ini, pemerintah sedang melakukan analisis terhadap jabatan-jabatan mana saja yang mungkin akan terdampak oleh perkembangan teknologi digital.

Profesi CPNS
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tito Karnavian, menyebutkan bahwa pemerintah akan memberikan prioritas dalam pemenuhan kebutuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis lainnya, termasuk talenta di bidang digital. Prioritas ini sesuai dengan Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *