Presiden Serahkan Sapi Kurban ke Setiap Provinsi dan IKN

hewan kurban
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono (tengah) menyampaikan keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/6/2024).


Jakarta 
– Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan sumbangan hewan kurban berupa sapi untuk setiap provinsi di Indonesia, termasuk di Ibu Kota Nusantara (IKN), dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H yang jatuh pada 17 Juni mendatang.

Sekretariat Presiden RI menyatakan bahwa Presiden akan menyalurkan total 68 ekor sapi kurban ke pemerintah di 38 provinsi, dengan satu ekor untuk OIKN, satu ekor untuk masjid tempat Presiden akan melaksanakan shalat Idul Adha, dan satu ekor untuk Masjid Istiqlal.

Selain itu, Presiden juga akan memberikan 27 ekor sapi kepada tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kalimantan Timur, serta kepada masjid dan pondok pesantren yang berdekatan dengan kawasan IKN.

Baca Juga  Tradisi Ramadhan, Masjid Istiqlal Bagi-bagi Nasi Box Gratis, Dukungan dari Raja Salman dan Pemprov DKI

“Setiap provinsi akan mendapatkan satu ekor sapi, termasuk satu ekor untuk OIKN, dan beberapa petunjuk khusus dari Presiden,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Heru menjelaskan bahwa berat sapi-sapi kurban yang diberikan oleh Presiden Jokowi bervariasi, antara 800 kilogram hingga 1 ton per ekor. Ia juga menegaskan bahwa Sekretariat Presiden akan bekerja sama dengan dinas pertanian dan peternakan setempat untuk memastikan bahwa sapi-sapi tersebut telah melewati proses pemeriksaan kesehatan sehingga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kami memastikan bahwa semua sapi ini telah menjalani tes kesehatan untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan,” tambah Heru.

Baca Juga  PWI Sumbar Terima Bantuan Sapi Kurban dari H Andre Rosiade

Terkait pelaksanaan shalat Idul Adha, Heru menyatakan bahwa belum ada kepastian apakah Presiden Jokowi akan melaksanakan shalat Id di Jakarta atau di daerah.

“Kami masih dalam tahap pembahasan dengan Pak Mensesneg,” ujarnya singkat.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *