Letusan Gunung Ibu, Peringatan Bahaya dan Evakuasi

Letusan
Letusan Gunung Ibu

Jakarta – Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut), meletus pada Rabu (8/5/2024) sekitar pukul 01.58 WIT. Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi letusan mencapai 2.000 meter di atas puncak.

“Mengenai peristiwa letusan Gunung Ibu pada hari Rabu, 08 Mei 2024, sekitar pukul 01:58 WIT, tinggi kolom letusan mencapai sekitar 2.000 meter di atas puncak (sekitar 3.325 meter di atas permukaan laut),” kata Petugas Pos Gunung Api M Richard Chaniago, pada Rabu (8/5/2024).

Richard menjelaskan bahwa abu vulkanik teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan kepadatan yang cukup tebal terutama ke arah timur dan tenggara. Aktivitas letusan direkam oleh seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan berlangsung selama 127 detik.

Baca Juga  Kementerian Pertanian dan FAO Percepat Vaksinasi PMK di Lima Provinsi

Dia juga mengimbau agar masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Ibu dan para pengunjung atau wisatawan untuk tidak melakukan kegiatan di dalam radius 2,0 km dari kawah utama dan sektoral yang diperluas hingga 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara Gunung Ibu.

“Apabila terjadi hujan abu, masyarakat yang berada di luar rumah disarankan untuk menggunakan masker pelindung hidung dan mulut serta kacamata untuk melindungi mata,” tambah Richard.

Baca Juga  Erupsi Gunung Ibu, Kolom Abu Teramati Mengarah ke Barat Laut

Richard juga mengajak semua pihak untuk menjaga ketenangan di masyarakat, menghindari menyebarkan informasi palsu (hoaks), dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang tidak jelas kebenarannya.

“Sangat penting bagi masyarakat untuk selalu mengikuti petunjuk dari pemerintah daerah,” pungkasnya.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *