Peringatan Banjir Rob, Warga Jakarta Diminta Antisipasi Pasang Maksimum Laut

Banjir Rob
ilustrasi Banjir Rob

Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan potensi banjir pesisir atau rob dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024. Sembilan wilayah pesisir utara Jakarta, termasuk Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru, diimbau untuk mewaspadai potensi banjir rob.

“BPBD DKI Jakarta mengimbau wilayah pesisir utara, seperti di Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru, untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (rob),” demikian pernyataan BPBD DKI, dikutip pada Selasa (20/2/2024).

BPBD menjelaskan bahwa potensi banjir rob disebabkan oleh fenomena pasang maksimum air laut yang bersamaan dengan fase bulan purnama, yang dapat meningkatkan ketinggian air laut. Puncak pasang maksimum laut diperkirakan terjadi pada pukul 06.00-10.00 WIB.

Baca Juga  Pedagang Kurban, Penjualan Turun Signifikan Dibanding Tahun Lalu

Sehubungan dengan hal tersebut, BPBD mengimbau masyarakat untuk terus memantau peringatan dini gelombang pasang melalui situs BPBD, yaitu bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Selain itu, BPBD juga mendorong masyarakat untuk melaporkan potensi genangan atau banjir melalui aplikasi JAKI.

Baca Juga  Promo Spesial, Transmart Tawarkan Diskon Hebat untuk Sepeda Listrik

“Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112,” kata BPBD.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *