Muba  

Babinsa 401-01/SL Lakukan Pengecekan Pompanisasi Wujudkan Ketahanan Pangan

Muba, fajarharapan.id – Upaya dalam meningkatkan produksi pertanian di wilayah binaan, Babinsa Koramil 401-01/SL, Kodim 0401/Muba turun langsung mendampingi para petani dalam kegiatan pompanisasi di Desa Pinang Banjar Kec. Sungai Lilin Kab. Muba, Jumat (14/6/2024).

Terkait Pompanisasi, Babinsa Serma Muhlisin menyampaikan tujuan penggunaan pompa air untuk mengairi sawah – sawah yang mengalami kekeringan pada bulan ini. Upaya tersebut untuk mencegah terjadinya gagal panen.

Babinsa Koramil 401-01/SL Serma Muhlisin juga Menyampaikan Program pompanisasi ini dikonsentrasikan untuk lahan sawah, dengan maksud lahan-lahan sawah tersebut hanya mampu tanam satu kali dalam setahun namun memiliki sumber air yang tersedia sepanjang tahun.

Baca Juga  Pemerintah Kecamatan Lalan Siap Membangun Jalan Penghubung Desa Tahun Anggaran 2024

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan indeks pertanaman yang tadinya hanya satu akan menjadi dua atau lebih penanaman dalam setahun, yang berarti program pompanisasi ini dirancang untuk meningkatkan indeks pertanaman, termasuk juga untuk sawah tadah hujan.”ungkapnya.

Menurut para petani di Desa Pinang Banjar menyampaikan bahwa untuk air di saluran lahan sawah sekarang ini sebagian besar sudah menyusut karena kekeringan di musim kemarau sehingga kesusahan untuk mengairi sawahnya. Salah satu cara agar sawah mendapatkan air dengan menggunakan pompa air.

Baca Juga  Polsek Lalan tahan Dua pelaku penganiayaan

Dengan adanya program Pompanisasi ini sangatlah membantu para petani untuk mengatasi permasalahannya sehingga harapan kedepannya petani bisa meningkatkan hasil produksi pertanian dan kesejahteraannya.(Rusdian/rill)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *