Muba  

Muba Gelar FGD Review dan Evaluasi Arsitektur SPBE Tahun 2023-2026

Sekayu, fajarharapan.id – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan informatika kabupaten Muba (Dinkominfo) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) Review dan Evaluasi Arsitektur SPBE, Kabupaten Muba Tahun 2023-2026 serta Aplikasi SIA-SPBE
secara virtual, Senin (6/11/2023) di Virtual Room Dinkominfo Muba.

Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili Sekretaris Dinkominfo Hj Nurzahrawati SPd MT mengatakan, Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Musi Banyuasin merupakan kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE, dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi di Kabupaten Muba.

Arsitektur SPBE Kabupaten Muba sebagai deskripsi kondisi integrasi saat ini disusun untuk periode tahun 2023 sampai tahun 2026 sebagaimana jangka waktu berakhirnya periode Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Muba.

“Seluruh perangkat daerah di Kabupaten Muba menggunakan Arsitektur SPBE sebagai panduan dalam pelaksanaan integrasi proses bisnis, data dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE, dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi di Kabupaten Muba,” urainya.

Baca Juga  Desak Percepatan Pengadaan dan Ganti Rugi Tanah Trase Jalan Tol di Muba

Lanjutnya, Arsitektur SPBE Kabupaten Muba sebagai dokumen hidup (living document) dapat disesuaikan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan penerapan SPBE Kabupaten Muba yang selaras dengan kebijakan SPBE nasional.

“Untuk itulah kita lakukan kegiatan hari ini sebagai penutup rangkaian kegiatan penyusunan arsitektur SPBE Kabupaten Muba tahun anggaran 2023 serta untuk mendapatkan masukan dari OPD terkait dokumen Arsitektur SPBE ini, sebagai bahan untuk melakukan penambahan ataupun pengurangan materi dari masing-masing dokumen per domain pada arsitektur SPBE,” bebernya.

Sementara, Kabid Aplikasi Informatika Dinkominfo Sumarlin menyampaikan, Arsitektur SPBE yang telah disusun ini melibatkan seluruh Perangkat Daerah dan Instansi terkait yang terdiri dari,
Domain Proses Bisnis dibuat oleh seluruh OPD dan di koordinir oleh Bagian Organisasi. Domain Layanan dibuat oleh seluruh OPD dan di Koordinir oleh Bagian Organisasi.

“Domain Data dan Informasi dibuat oleh seluruh OPD dan di Koordinir oleh Dinkominfo (Bidang Statistik) dan Bappeda. Domain Aplikasi dibuat oleh seluruh OPD dan di Koordinir oleh Dinkominfo (Bidang Aptika). Domain Infrastruktur dibuat oleh seluruh OPD dan di Koordinir oleh Dinkominfo (Bidang Aptika) dan Domain Keamanan dibuat oleh seluruh OPD dan di Koordinir oleh Dinkominfo (Bidang Persandian). Rencana kegiatan penyusuan Arsitektur SPBE ini akan berlanjut pada tahun 2024 untuk melakukan penyempurnaan dari dokumen arsitektur SPBE Kabupaten Muba,” tandasnya.

Baca Juga  Lewat Inovasi Bunda AS, Pemkab Muba Sabet Penghargaan Tingkat Provinsi

Adapun Narasumber kegiatan hari ini adalah Tim dari Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, yaitu Reviu dan Evaluasi Domain Probis Hj Munawarah SH. Reviu dan Evaluasi Domain Layanan Mugi Rohimah SST MTI. Reviu dan Evaluasi Domain Data Perwita Sari SST SE MSi. Review dan Evaluasi Domain Aplikasi Iksan Ramadhan SKom MKom. Reviu dan Evaluasi Infrastruktur Komagi Dinar Primasta SIA. Reviu dan Evaluasi Keamanan Hamzah Fansuri SKom MSc ITM. (Rusdian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *