Gempa di Sipora Selatan, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa
ilustrasi Gempa

Padang Gempa tektonik berkekuatan 5,2 mengguncang wilayah Sipora Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada Senin (8/1/2024) sekitar pukul 16.51.32 WIB.

Berdasarkan analisis BMKG, gempa ini memiliki magnitudo M5,2 dengan episenter berada pada koordinat 2,25° LS ; 99,66° BT, terletak di darat 25 km Tenggara wilayah Tuapejat, Kepulauan Mentawai, pada kedalaman 26 km.

Gempa ini disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia. Mekanisme pergerakan naik (thrust fault) terlihat dari hasil analisis mekanisme sumber gempa.

Dampak gempa dirasakan di daerah Tuapejat dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah). Meskipun gempa ini tidak berpotensi tsunami, BMKG tetap mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada.

Baca Juga  Pj. Bupati Mentawai Dorong Ledakan Ekonomi, UMKM Kepulauan Mentawai Siap Naik Kelas dan Bersaing

Hingga pukul 17.10 WIB, belum terjadi aktivitas gempa susulan (aftershock) berdasarkan hasil monitoring BMKG.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Untuk menghindari risiko, masyarakat diminta memeriksa keamanan bangunan tempat tinggal mereka sebelum kembali ke dalam rumah. Informasi resmi hanya dapat dipercayai jika berasal dari BMKG melalui kanal komunikasi resmi seperti Instagram/Twitter @infoBMKG, website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *